Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 28 Mei 2022 11:00 WIB ·

Tugas Akhir dan Skripsi, Beda atau Sama?


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Dalam dunia perkuliahan, kita pasti sudah tahu bahwa terdapat beberapa istilah yang terkadang membuat kita kebingungan. Salah satunya adalah perbedaan tugas akhir dan skripsi. Banyak mahasiswa baru atau maba, bahkan mahasiswa yang sudah duduk di semester pertengahan masih belum tahu apa perbedaan dari dua hal tersebut. Nah, ternyata walaupun sama-sama merupakan penentu kelulusan, keduanya tidak sama, lho. Wah, apa aja ya kira-kira perbedaannya? Langsung cek di pemaparan berikut!

 

Tugas Akhir

Tugas akhir adalah sebuah karya ilmiah yang mahasiswa susun berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan dari suatu permasalahan tertentu. Permasalahan yang mahasiswa angkat dalam penelitian ini adalah masalah yang relevan dengan program studi yang ia ambil. Kemudian, penelitian dalam penyusunan tugas akhir ini mahasiswa lakukan bersama bimbingan dari dosen pembimbing. Nah, tugas akhir ini merupakan tanggungjawab bagi mahasiswa yang mengambil program Diploma.

Dalam penjelasan lebih lanjut, tugas akhir memiliki identifikasi masalah yang dapat mahasiswa ambil dari hasil praktik kerja lapangan atau PKL yang bisa mahasiswa program Diploma lakukan. Selain itu, wajib hukumnya hasil penelitian yang didapatkan dalam tugas akhir ini memiliki data yang mendukung.

 

Skripsi

Hampir sama seperti tugas akhir, skripsi juga merupakan karya ilmiah yang wajib mahasiswa tulis sebagai salah satu syarat kelulusan, khususnya kelulusan di perguruan tinggi. Mahasiswa dapat menyusun skripsi ini berdasarkan konsentrasi ilmu yang mereka pilih di semester-semester sebelumnya. Dengan penyusunan skripsi ini, seorang mahasiswa dapat menyelesaikan program sarjana stratanya. Nah, karena itulah skripsi ini merupakan tanggungjawab bagi mahasiswa yang mengambil program Sarjana.

Skripsi ini dapat mahasiswa susun berdasarkan informasi dari berbagai media, seperti koran ataupun majalah. Selain itu, mahasiswa juga bisa memanfaatkan buku jurnal, laporan penelitian, seminar, ataupun keadaan lapangan untuk menyusun skripsi. Dalam penyusunannya, skripsi yang mahasiswa buat haruslah relevan dengan bidang keilmuan yang ia dalami. Nah, dalam pengerjaan skripsi ini seorang mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing juga layaknya tugas akhir.

Dari pemaparan di atas, terdapat satu simpulan sederhana yang bisa membantu kita mengetahui perbedaan tugas akhir dan skripsi secara mudah. Simpulan tersebut adalah tugas akhir merupakan tanggungjawab bagi mahasiswa yang mengambil program Diploma. Sementara itu, skripsi adalah tanggungjawab mahasiswa yang mengambil program Sarjana. 

 

Nah, itulah pemaparan terkait perbedaan tugas akhir dan skripsi. Dari pemaparan tersebut, sudahkah kalian mengetahui apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Nah, jika kalian ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, pastikan kalian bertanya pada orang-orang yang terpercaya. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari apa itu tugas akhir dan skripsi melalui buku panduan akademis yang dimiliki oleh tiap perguruan tinggi. Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 570 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi