Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 28 Mar 2023 12:00 WIB ·

Unik! 4 Hewan Tanpa Telinga Tapi Bisa Mendengar


Img: Pexels/maria-isabella-bernotti- Perbesar

Img: Pexels/maria-isabella-bernotti-

Unik! 4 Hewan Tanpa Telinga Tapi Bisa Mendengar –Indera pendengaran adalah salah satu kemampuan alami terpenting bagi kebanyakan hewan. Pendengaran berfungsi sebagai peringatan bahaya jika predator mendekat, serta alat yang membantu hewan mengenali calon mangsa di dekatnya, dan kehidupan di alam liar akan berantakan tanpanya.

Namun, tidak semua hewan memiliki telinga yang merupakan alat pendengaran utama. Jadi, bisakah hewan tak bertelinga ini mendengar? Jika demikian, bagaimana mereka mengenali suara?

Unik! 4 Hewan Tanpa Telinga Tapi Bisa Mendengar

Burung

Mayoritas spesies burung tidak memiliki telinga luar. Namun, ini tidak menghalangi mereka untuk mendengar. Burung dapat membedakan suara dengan menggunakan lubang kecil di sisi kepalanya. Mereka kemudian akan melakukan tindakan yang memungkinkan mereka mengubah gelombang suara dengan cara ini.

Dengan demikian, mereka dapat mengetahui apakah sumber suara berasal dari atas atau bawah. Jika kamu pernah melihat seekor burung menggerakkan kepalanya dengan cepat, itu mungkin karena ia mencoba mengidentifikasi suara dan mengembangkan respons terhadapnya.

Buaya

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka tidak memiliki telinga, predator ini memiliki kemampuan pendengaran yang sangat baik. Kemampuan pendengaran yang sangat baik ini dikarenakan mereka memiliki bukaan tepat di atas mata; pembukaan ini mengarah ke telinga bagian dalam. Telinga bagian dalamlah yang bertanggung jawab atas pendengaran buaya yang sangat baik.

Namun, saat direndam dalam air, lubang ini menutup untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga. Akibatnya, saat berada di bawah air, buaya lebih mengandalkan getaran air daripada suara sebenarnya.

Kepiting

Kepiting juga merupakan salah satu hewan tanpa telinga yang dapat mendengar, meskipun pendengarannya kurang baik. Hewan ini hanya dapat mendengar suara frekuensi rendah hingga sedang dari jarak dekat.

Kepiting mendeteksi getaran suara menggunakan antena dan rambut sensorik di kakinya. Karena mereka tidak terlalu peka terhadap suara, kepiting lebih mengandalkan indra penciumannya.

Kura – kura

Jika kamu perhatikan dari dekat, kamu tidak akan menemukan telinga kura-kura. Karena organ pendengaran kura-kura terletak di belakang mata dan tepat di atas rahang.

Meski tidak memiliki telinga luar, kura-kura merupakan hewan yang cukup peka terhadap suara. Mereka menggunakan getaran untuk melindungi diri dari bahaya. Ketika kura-kura merasakan getaran mengancam, mereka akan menyembunyikan diri ke dalam cangkang sampai yakin tidak ada bahaya.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 380 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts