Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 14 Feb 2023 10:00 WIB ·

Install Banyak OS di Satu Laptop ? Bisa!!


Pinterest :@trivusi Perbesar

Pinterest :@trivusi

Virtual Machine di Komputer – Pernah kah kalian berkali-kali install OS (Operation System) supaya bisa gonta ganti OS ? atau mungkin kalian ingin mencoba rilisan versi terbaru OS ? Bahkan mungkinkah kalian supaya bisa menggunakan OS (Operation System) yang berbeda sampai beli device laptop lagi ? mungkin artikel dari Tim Media Edukasi kali ini bisa membantu solusi untuk kalian. Tentu kalian bisa agar menggunakan lebih dari satu OS (Operation System) walau dalam satu device dengan menggunakan Virtual Machine.

Apa itu Virtual Machine ?

Virtual machine adalah program perangkat lunak atau sistem operasi yang tidak hanya menunjukkan perilaku komputer yang terpisah, tetapi juga mampu menjalankan aplikasi dan program seperti komputer yang terpisah. Virtual Machine sendiri sering dianggap komputer virtual. Dalam artian Virtual Machine merupakan perangkat lunak yang berada di dalam server fisik, dan hanya berupa sebuah kode. Virtual Machine ini bisa kita artikan teknologi virtual yang kita gunakan untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi berbeda namun dapat berjalan dalam satu perangkat yang sama.

Keuntungan menggunakan Virtual Machine ?

  1. Install banyak OS dalam satu device komputer

Dengan Virtual Machine (VM), kamu dapat menggunakan metode yang aman dalam menjalankan versi pengembangan Windows 10 pada komputer kamu. Selain itu juga kamu bisa menginstall Linux pada komputer kamu tanpa uninstall OS Windows yang lebih dahulu kamu install tadi.

  1. Virtualisasi di satu Dekstop

Ada kecenderungan yang muncul di kalangan komunitas TI yang mana pengguna menyimpan aplikasi desktop dan sistem operasi mereka di Virtual Machine(VM) terpisah di server dan menggunakan PC mereka sebagai “thin client” ke server.

  1. Uji coba OS yang berbeda

Sobat juga dapat menginstall distribusi Linux yang berbeda atau sistem operasi lain yang kurang dikenal dalam Virtual Machine (VM) untuk melakukan eksperimen dan memahami cara kerjanya. Beberapa OS dapat berjalan di server yang sama, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mendedikasikan satu fisik server ke satu aplikasi.

  1. Kompilasi server untuk keperluan bisnis

Banyak sekali bisnis-bisnis menggunakan aplikasi yang berjalan pada beberapa server, server-server yang ada dapat terhubung ke dalam Virtual Machine (VM) dan berjalan pada satu PC. Setiap Virtual Machine (VM) terisolasi. Sehingga hal ini pun tidak menyebabkan masalah keamanan yang mungkin terjadi saat menjalankan server-server yang berbeda pada sistem operasi yang sama. Virtual Machine (VM) juga dapat dipindahkan dari fisik server yang satu ke fisik server yang lain.

 

Itu tadi sedikit penjelasan singkat mengenai Virtual Machine (VM). Berikutnya mungkin kita akan membahas mengenai Jenis-Jenis Virtual Machine, atau Virtual Machine apa saja yang paling direkomendasikan banyak orang. Jika kamu tertarik jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya!

 

Salam,

Tim Media Edukasi

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi