Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 20 Apr 2022 16:00 WIB ·

Waktu Puasa Terlama Ada di 4 Negara Ini


Waktu puasa. (Img: freepik) Perbesar

Waktu puasa. (Img: freepik)

Puasa menjadi ibadah rutin yang dilakukan umat Islam tiap tahunnya. Akan tetapi, ternyata lamanya waktu puasa yang dijalani umat Islam tiap belahan dunia tidak sama. Marufin Sudibyo, Astronom amatir Indonesia sekaligus Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIK) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKIK) Kebumen, Jawa Tengah, menjelaskan bahwa negara-negara yang ada di bagian utara bumi akan menjalani waktu puasa yang lebih lama daripada negara-negara yang ada di bagian selatan bumi. Hal itu disebabkan oleh perbedaan waktu terbit dan terbenamnya matahari serta durasi fajar nyata. Berikut adalah 4 negara dengan waktu puasa terlama.

1. Denmark

Negara yang terletak di Skandinavia di Utara Eropa ini merupakan negara dengan waktu puasa yang cukup lama. Sebagai negara yang berada di bagian paling selatan dari negara-negara Nordik sekaligus berbatasan dengan Jerman di sisi selatan, Denmark memiliki durasi waktu puasa sekitar 17 jam 40 menit di hari pertama dan 19 jam 25 menit di hari terakhir.

 

2. Alaska

Alaska ialah salah satu negara dengan durasi waktu puasa terlama. Negara yang menjadi negara bagian AS yang terbesar ini memiliki durasi waktu puasa 18 jam 15 menit di hari pertama dan 19 jam 30 menit di hari terakhir.

 

3. Greenland

Walaupun satu-satunya lempeng es abadi selain Antartika menutupi tiga per empat dari negara ini, hal itu tidak membuat Greenland lantas tidak berpenghuni. Bahkan, Greenland memiliki penduduk yang kurang lebih berjumlah 56.480 jiwa pada tahun 2013. Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Greenland, Nuuk memiliki durasi waktu puasa yang terbilang lama, yaitu sekitar 19 jam 35 menit. Durasi itu bisa bertambah khususnya pada hari-hari menjelang hari terakhir puasa. Umat Islam di kota Nuuk, Greenland, bahkan pernah berpuasa selama 21 jam 42 menit pada hari terakhir Ramadan.

 

4. Finlandia

Nama Finlandia tentunya sudah tidak asing di telinga. Negara yang menjadi negara paling bahagia di dunia ini ternyata memiliki waktu puasa yang lama, bahkan menjadi negara dengan durasi waktu puasa yang paling lama. Berdasarkan data, pada tahun 2020 umat Islam di Finlandia bisa berpuasa dengan durasi waktu hampir 23 jam.

 

Nah, itu dia negara-negara dengan durasi waktu puasa terlama di dunia. Kira-kira negara mana nih yang ingin kalian kunjungi di bulan Ramadan untuk mencoba sensasi durasi waktu puasa yang lebih lama? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk content menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts