Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 28 Apr 2023 18:00 WIB ·

Waspada Berbagai Penyakit Akibat Suhu Panas di Indonesia


Img: pexels-tom-fisk Perbesar

Img: pexels-tom-fisk

Waspada Berbagai Penyakit Akibat Suhu Panas di Indonesia —Beberapa waktu terakhir, cuaca panas melanda beberapa daerah di Indonesia. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Lembaga tersebut menyatakan wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, adalah daerah dengan suhu paling tinggi pada 17 April 2023 yaitu mencapai 37,2 derajat celcius.

Pada pertengahan bulan april dari tanggal 11-20 April, suhu panas telah berada di atas 36 derajat di beberapa tempat naungan BMKG, antara lain stasiun Meteorologi Pangsuma 36,6 derajat celsius, Tabelian 36,3 derajat, Tarempa 36,2 derajat, Geofisika Deli Serdang 36,2 derajat, Stasiun Klimatologi Banten 36,2 derajat celcius.

Menurut kemkes.go.id, suhu panas yang ekstrim dapat memicu badan lemas dan tidak nyaman, selain itu juga bisa menyebabkan tubuh mudah terserang beberapa penyakit. Kondisi ini terjadi karena kenaikan suhu tubuh yang sangat cepat akibat pengaruh luar berpengaruh pada kemampuan tubuh mengatur suhu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Waspada Berbagai Penyakit Akibat Suhu Panas di Indonesia

Berikut beberapa penyakit yang bisa terjadi karena cuaca panas di Indonesia:

Panas dalam

Cuaca yang sangat panas bisa memicu dehidrasi yang rentan terkena infeksi berbagai macam virus dan bakteri. Kurang cairan pada tubuh dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah hingga berujung menjadi panas dalam. Namun, jika dibarengi asupan yang kurang sehat dan bergizi seperti gorengan, seblak, dan sebagainya itu bisa memperparah panas dalam.

Sakit kepala sebelah (migrain)

Orang yang berada di suhu yang sangat panas secara terus menerus bisa memicu sakit kepala sebelah atau migrain, lho! Sakit kepala sebelah karena suhu panas bisa terasa seperti berdenyut di pelipis dan terasa seperti nyeri pada bagian kepala.

Demam tinggi

Ketika badan terus terpapar panas yang sangat terik, maka suhu tubuh akan terasa meningkat dan bisa mengakibatkan demam tinggi. Jika kondisi ini tidak segera mendapat penanganan media akan sangat berbahaya dan merusak otak dan organ-organ penting dalam tubuh.

Dehidrasi dan iritasi kulit

Iritasi dapat kita kenali gejalanya salah satunya saat kulit terasa kusam dan kering. Umumnya dehidrasi juga ditandai warna urine yang keruh. Maka dari itu, perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, ya!

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Jenis Buah Ini Mengandung Vitamin E, Ada Mangga Hingga Alpukat

29 Juni 2024 - 16:55 WIB

Jenis Buah

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

28 Juni 2024 - 21:36 WIB

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

24 Juni 2024 - 19:22 WIB

Manfaat Jeruk Nipis

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Trending di Kesehatan