Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 10 Mei 2022 12:00 WIB ·

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Web Sulit Tersambung


Img: web.whatsapp.com Perbesar

Img: web.whatsapp.com

WhatsApp merupakan aplikasi kirim pesan yang pasti sudah tidak asing bagi kita. Apalagi berdasarkan data Statista, Indonesia merupakan negara ketiga dengan pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Pengguna WhatsApp di Indonesia pada bulan Juni 2021 tercatat sejumlah 84,8 juta pengguna. Wah, angka yang sangat fantastis! Nah, sebagai pengguna aktif WhatsApp pasti kita tidak asing dengan penggunaan WhatsApp Web khususnya bagi pengguna double device atau lebih. Namun, akhir-akhir ini, cuitan pasal WhatsApp Web sulit tersambung memenuhi timeline berbagai media sosial.

Mulai dari Twitter, Instagram, dan media sosial lain. Banyak pengguna yang merasa kecewa dengan perubahan yang terjadi pada aplikasi kirim pesan yang satu ini. Kekecewaan itu konon muncul karena beberapa hal. Pertama, loading atau waktu tunggu yang pengguna butuhkan untuk masuk ke WhatsApp menggunakan WhatsApp web terlalu lama. Kedua, waktu tunggu tersebut tidak selalu membawa keberhasilan atau dalam kata lain masih ada kegagalan untuk masuk setelah menunggu begitu lama.

Nah, sebenarnya apa sih faktor penyebab dan cara mengatasi WhatsApp Web yang sulit tersambung? Simak pemaparannya pada uraian berikut.

 

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih dalam, sebaiknya kita mengantongi terlebih dahulu pengertian dari dua fitur WhatsApp yang satu ini. Sebagai pengguna WhatsApp yang aktif pula di device PC atau laptop, pasti kedua istilah ini akan sangat sering dijumpai. WhatsApp Web ialah WhatsApp untuk PC yang dapat diakses melalui web di berbagai jenis peramban. Akses WhatsApp web dapat dilakukan tanpa mengunduh aplikasi WhatsApp for PC terlebih dahulu. Jadi, penggunaan WhatsApp Web ternilai lebih sederhana. Sementara itu, berbeda dengan WhatsApp Web, WhatsApp Desktop mewajibkan atau mengharuskan penggunanya untuk mengunduh WhatsApp di PC terlebih dahulu sebelum menggunakan WhatsApp Desktop.

Dari pengertian di atas, WhatsApp Web memang tampak lebih memudahkan penggunanya. Akan tetapi, WhatsApp Web yang awalnya memudahkan itu kini berubah menjadi sumber cuitan kekecewaan karena sulit tersambung.

Faktor Penyebab

Faktor penyebab dari sulitnya WhatsApp Web tersambung salah satunya adalah masalah jaringan. Selain karena habisnya kuota saat berbagi tethering HP, masalah jaringan juga dapat disebabkan oleh error-nya WiFi atau adanya pembatasan dalam pengaturan Wi-Fi tersebut, yaitu pembatasan atau pemblokiran akses pada WhatsApp Web.

 

Cara Mengatasi

Cara mengatasi masalah jaringan pada penyambungan WhatsApp Web dapat kita lakukan dengan cara berikut.

  1. Lakukan refresh atau reload
  2. Ganti sumber internet dengan Wi-Fi atau paket data dengan sinyal yang lebih mendukung
  3. Ganti atau gunakan link alternatif WhatsApp Web dengan link berikut:
    • web.whatsapp.com
    • whatsapp.net
    • web.whatsapp.com

 

Nah, itulah pemaparan terkait faktor penyebab dan cara mengatasi WhatsApp Web yang sulit tersambung. Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi