Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 3 Okt 2022 18:00 WIB ·

Yuk, Traveling ke Banda Neira! Pulau yang Dijadikan Nama Band Legendaris


Img: TripAdvisor/Mel Russ Perbesar

Img: TripAdvisor/Mel Russ

Untuk kamu yang baru memulai hobi traveling harus tahu Banda Neira. Banda Neira adalah salah satu Kepulauan Banda dan pusat administrasi Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Karena keindahan alamnya, lokasi ini telah menarik banyak pengunjung dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, tidak seperti Bali, destinasi ini tidak dibanjiri wisatawan. Dibutuhkan lebih banyak usaha untuk sampai ke sini, lho. Untuk sampai ke salah satu surga yang tersebar di Indonesia bagian timur ini, kamu harus merogoh kocek lebih dalam dari yang kamu keluarkan untuk sampai ke Bali, dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pulau Banda adalah sekelompok pulau vulkanik kecil yang terbentuk oleh letusan gunung berapi. Ini adalah tempat yang bagus bagi traveler untuk mendaki dan menikmati tanaman hijau subur.

Selain itu, pemandangan Laut Banda benar-benar menakjubkan, dengan air biru sebening kristal, terumbu karang, dan kehidupan laut yang beragam. Karena keindahan alamnya yang luar biasa, pariwisata pun berkembang di sini.

Tidak hanya itu, Kepulauan Banda juga dikaruniai sumber daya alam lain yang tak kalah mempesona, yaitu kekayaan bawah laut.

Nah, berikut ini adalah daftar tempat wisata di Banda Neira yang tidak boleh kamu lewatkan:

Taman Wisata Perairan Laut Banda

Jika kamu menikmati kehidupan laut, kamu harus mengunjungi Taman Wisata Perairan Laut Banda (TWP). Merupakan bagian dari ekoregion, yaitu wilayah daratan atau perairan yang luas yang mencakup spesies dan kondisi lingkungan di dalam Flores-Banda Marine Ecoregion. Suatu wilayah harus memiliki wilayah geografis yang berbeda, spesies alam yang berbeda, dan kondisi lingkungan seperti arus, suhu permukaan laut, salinitas, dan kedalaman laut untuk memenuhi syarat sebagai ekoregion.

Kamu pasti akan menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Menurut standar internasional, 300 spesies karang keras adalah salah satu daya tarik utama. Sebaliknya, pergilah snorkeling untuk mendapatkan kesan yang lebih baik dari pemandangan bawah laut.

Kelenteng Sun Thien Kong

Wisata budaya lainnya di Banda Neira adalah ke kuil Sun Thien Kong. Kuil ini dibangun oleh seorang Tionghoa dan diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Sun Thien Kong, yang berarti Rumah Kuasa Tuhan, dinamai sesuai nama orang yang memberi nama kuil itu.

Candi ini telah disebutkan dalam berbagai teks sejarah. Johan Sigmund Wurfbain, seorang inspektur VOC Jerman yang pernah tinggal di Banda, adalah salah satu contohnya. Menurut Johan, candi ini terletak di sebelah toko anggur pada abad ke-17.

Gunung Api Banda

Gunung Api Banda adalah gunung lain di Banda Neira. Ini berdiri 655 meter di atas permukaan laut ini merupakan bagian dari ring of fire. Jalur bekas tumpahan lahar saat erupsi dapat terlihat dari kejauhan.

Perlu sekitar tiga jam untuk mendaki Gunung Api Banda. Meski hanya 655 meter di atas permukaan laut, gunung ini tidak boleh kamu anggap remeh. Jalur pendakian ke Gunung Api Banda terjal dan melelahkan. Pendakian menjadi lebih sulit karena cuaca panas.

Istana Mini

Struktur arsitektur dengan desain Eropa dapat kamu temukan di area istana mini, Neira. Rumah-rumah besar mengelilingi situs bersejarah ini ketika kamu berada di area istana ini. Rumah-rumah itu pernah menjadi tempat tinggal bagi elit Eropa.

Kamu juga bisa menyusuri jalanan ala Eropa sambil berswafoto bersama teman-teman. Istana ini juga memiliki pemandangan pantai dari halamannya, yang bisa kamu nikmati.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 191 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel