Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 5 Jul 2022 12:30 WIB ·

Bukan Pasir! Ternyata Ini yang Dimakan Unta di Gurun


Img: pixabay.com - Mikael Thunberg Perbesar

Img: pixabay.com - Mikael Thunberg

Saat mengamati hewan-hewan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, kita pasti segera menyadari apa yang hewan tersebut makan. Mulai dari sapi, kambing, hingga kerbau, mereka cenderung memakan tumbuhan hijau karena mereka memang seekor herbivora. Hal itu pun berlaku untuk hewan-hewan lain. Namun, pernahkah kamu berpikir, hewan seperti unta yang hidup di gurun pasir harus memakan apa untuk bertahan hidup? Bukankah di padang pasir hanya ada pasir dan lingkungan yang kering nan gersang? Lalu, apa yang dimakan unta di gurun pasir? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, wajib banget, nih, kalian simak penjelasan di bawah ini!

 

Mengenal Unta

Unta adalah salah satu hewan paling luar biasa di dunia yang mampu bertahan hidup di gurun yang gersang. Seperti yang kita ketahui, gurun adalah salah satu tempat yang paling ekstrem bagi makhluk hidup. Nah, sebagai makhluk hidup yang hidup di tempat yang ekstrem seperti gurun pasir, ternyata unta memiliki beberapa keistimewaan, lo! 

Membahas tentang keistimewaan unta, tidak afdal jika kita tidak membahas punuk yang unta miliki dan sudah menjadi ciri khas dari hewan berkaki empat tersebut. Terdapat dua jenis unta berdasarkan jumlah punuk yang ia miliki. Pertama, unta berpunuk satu adalah unta Camelus dromedarius atau populer dengan nama unta arab. Kedua, unta dengan punuk dua atau berpunuk dua adalah unta Camelus bactrianus atau unta Bacteria. Keberadaan punuk di tubuh unta ini ternyata menjadi sebuah wadah penyimpanan jaringan lemak yang berguna sebagai sumber makanan unta saat makanan yang mereka makan langka di gurun. Jadi, punuk yang unta miliki bukanlah sebuah wadah air yang selama ini kita pahami. Namun, untuk air sendiri, seekor unta bisa meminum 114 liter air sekaligus atau setara dengan 30 buah galon.

 

Yang unta makan saat di gurun

Hewan yang mendapat julukan kapal gurun ini ternyata tidak memakan pasir atau bahkan tidak makan sama sekali, lo! Sama seperti makhluk hidup pada umumnya, unta harus memakan sesuatu untuk menjadi energinya. Nah, karena tempat tinggalnya yang berada di kawasan yang ekstrem untuk makhluk hidup, ternyata unta memakan tanaman berduri, semak, hingga rumput kering yang ada di gurun. Meskipun memakan tanaman-tanaman yang menusuk dengan duri yang tanaman itu miliki, ternyata mulut unta memiliki papila, lo! Papila yang melapisi mulut unta membantu untuk melindungi mulut unta dari makanan yang menusuk dan membantu agar makanan itu bisa tertelan dengan baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa yang dimakan unta di gurun pasir. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 70 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts