Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 23 Agu 2022 09:00 WIB ·

3 Cara Menerapkan Financial Boundaries agar Keuangan Stabil


img: pixabay.com/nattanan23 Perbesar

img: pixabay.com/nattanan23

Keuangan yang stabil adalah sesuatu yang bisa diwujudkan dan dinikmati siapa saja. Nah, untuk mencapai keuangan yang sehat, ada banyak caranya, lho! Salah satunya adalah dengan cara menetapkan financial boundaries. Apa itu financial boundaries dan bagaimana cara menetapkannya?

Pengertian Financial Boundaries

Boundaries adalah batasan-batasan yang kita tentukan demi kebaikan. Dalam kehidupan, misalnya, ada orang yang membatasi dirinya dari mengonsumsi gula berlebih demi menjaga kesehatan.

Nah, dalam keuangan juga ada boundaries yang bisa kamu tetapkan. Tujuan utamanya adalah mewujudkan keuangan yang sehat dan stabil.

Dengan adanya batasan-batasan tertentu, kamu akan terhindar dari penggunaan uang secara sembarangan. Dengan demikian, pemakaian uangmu akan punya tujuan yang jelas.

Menggunakan uangmu dengan tepat, sama halnya kamu memprioritaskan kebutuhan dan kesehatan keuanganmu dengan baik.

Cara Menetapkan Financial Boundaries

Menentukan tujuan keuangan yang jelas

Pertama, kamu perlu menentukan tujuan keuangan yang jelas. Apa sih yang ingin kamu capai dalam 1 tahun ke depan? Bagaimana dengan 5 dan 10 tahun mendatang?

Misalnya, saat kamu ingin memiliki rumah sendiri. Kapan kamu ingin dapat membeli rumah? Apakah dalam 10 tahun lagi? Rumah seperti apa yang ingin kamu beli? Di daerah mana rumah tersebut berada? Pertimbangkan juga beberapa faktor lain terkait pembelian rumah. Cari tahu harga rumah idaman lalu hitung berapa uang yang perlu kamu sisihkan setiap bulan agar tepat 10 tahun ke depan, rumah sudah bisa kamu beli.

Menyisihkan budget

Selanjutnya, kamu bisa menentukan budget.

Tentu saja, kamu perlu terlebih dahulu memprioritaskan kebutuhan seperti pembayaran tagihan bulanan dan belanja keperluan sehari-hari. Lalu, setelah budget untuk setiap kebutuhan sudah kamu alokasikan, dari budget yang tersisa, bisa kamu alokasikan untuk tujuan keuangan.

Memprioritaskan kebutuhan dan tujuan keuangan

Setelah memiliki tujuan keuangan apa saja yang mau kamu capai dengan jelas. Tentu saja, kamu perlu melakukan aksi nyata untuk mewujudkan tujuan keuanganmu.

Penting juga untuk memprioritaskan tujuan keuangan daripada keinginan yang lebih cenderung berpusat pada kesenangan dan hiburan. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang dan menikmati hidup. Kamu tetap bisa menikmati self-reward, tapi frekuensinya bisa kamu kurangi.

Nah, seperti inilah maksud dari financial boundaries. Kamu menetapkan batasan-batasan dan menyadari apa yang lebih penting dan perlu kamu prioritaskan. Hanya dengan kesadaran inilah kamu bisa mencapai keuangan yang stabil.

Itu dia cara menetapkan financial boundaries untuk mencapai keuangan yang stabil. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik