Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 13 Mei 2022 19:00 WIB ·

Waspada! 3 Hal Ini Tidak Perlu Dicantumkan dalam CV


Img: jabodetabek.id Perbesar

Img: jabodetabek.id

Dalam menyusun CV atau resume, pasti kita berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik. Mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman-pengalaman yang kita miliki, hingga prestasi-prestasi yang berhasil kita raih. Akan tetapi, tahukah kamu jika ada beberapa hal yang tidak perlu dicantumkan dalam CV? Wah, apa aja ya kira-kira? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini!

 

1. Alamat rumah lengkap

Dalam penulisan CV penulisan alamat rumah yang lengkap sebenarnya tidak begitu penting. Alih-alih menuliskan alamat rumah lengkap, akan lebih baik jika kamu mencantumkan alamat email, media sosial, dan kontak pribadi kamu yang berupa nomor telepon. Penyantuman kontak pribadi itu akan jauh lebih bermanfaat daripada pemberian alamat rumah lengkap. Rekruiter akan lebih mudah menghubungi kamu melalui kontak pribadi yang kamu berikan. Selain itu, informasi seputar alamat rumah yang lengkap ini bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

2. Riwayat pendidikan yang terlalu lengkap

Penulisan riwayat pendidikan memang penting bahkan wajib untuk ada di CV. Akan tetapi, tidak seluruh riwayat pendidikan kamu perlukan hadiran pada lembar CV kamu, lho. Pada dasarnya, kamu hanya perlu mencantumkan riwayat pendidikan terakhir. Jadi, informasi seputar di mana kamu bersekolah saat TK, SD, SMP, dan lain sebagainya tidak begitu penting, kecuali jika memang itulah riwayat pendidikan terakhir kamu. Nah, selain alasan di atas alasan lain untuk tidak mencantumkan riwayat pendidikan yang terlalu lengkap adalah karena hal tersebut dapat dipergunakan oleh oknum-oknum yang berniat buruk.

 

3. Informasi tambahan yang kurang bermanfaat

Informasi tambahan yang terhitung sebagai informasi yang kurang bermanfaat dalam penulisan CV salah satunya ialah hobi. Masih banyak mahasiswa, fresh graduate, hingga para pencari kerja yang masih sering mencantumkan informasi terkait hobinya di CV. Padahal, penulisan hobi di CV merupakan hal yang kurang relevan. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat penulisan hobi di CV menjadi hal yang baik bahkan menjadi nilai plus. Hal tersebut ialah apabila hobi yang kita cantumkan relevan dengan pekerjaan yang kita lamar dan telah membuat kita atau seseorang yang menuliskannya menjadi seseorang yang memiliki karya yang bernilai ratusan jutaan rupiah.

 

Nah, itulah 3 hal yang tidak perlu dicantumkan dalam CV. Dari 3 hal tersebut mana nih yang masih kalian tulis? Yuk, mulai sekarang susun CV kamu dengan hati-hati agar rekruiter mudah jatuh cinta dengan CV kamu.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Atasi rasa mala

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp

Apa Itu Kurikulum? Kenali Pengertian, Fungsi dan Konsepnya

13 Februari 2024 - 19:59 WIB

Apa itu Kurikulum

Hal Yang Di Larang Selama Wawancara Beasiswa Apa Saja? Ini Dia

12 Februari 2024 - 20:17 WIB

Hal Yang Di Larang
Trending di Edukasi