Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 24 Apr 2022 22:52 WIB ·

CV vs Resume, Apa Bedanya?


CV vs Resume. (Img: Google) Perbesar

CV vs Resume. (Img: Google)

Khusus kepada fresh graduate, job hunters, pekerja, atau bahkan mahasiswa yang kuliah sembari bekerja, sudahkah kalian mengetahui bahwa CV dan resume itu berbeda? Memang benar keduanya sama-sama berisi riwayat hidup, tetapi ternyata dalam pembahasan lebih dalam didapatkan perbedaan antar keduanya, lho! Wah, apa saja ya kira-kira? Langsung simak penjelasannya di bawah ini. Check it out!

 

Pengertian CV dan Resume

Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, tidak akan tenang jika kita tidak melirik kembali pada pengertian CV dan resume. CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen berisi daftar riwayat hidup, informasi pribadi, dan riwayat perjalanan karier. Pada umumnya, kegunaan CV adalah untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, di dalamnya wajib hukumnya untuk mencantumkan prestasi, skill, dan pencapaian yang kamu miliki.

Sementara itu, resume ialah dokumen yang merangkum riwayat perjalanan karier, pendidikan, dan informasi pribadi kamu. Dasarnya, resume hampir sama seperti CV. Namun, resume cenderung lebih singkat dari CV dan memiliki batas halaman tertentu.

 

Perbedaan CV dan Resume

Informasi yang ada di dalamnya

Informasi yang ada di dalam CV cenderung lebih lengkap. Kita bisa mencantumkan informasi-informasi profesional seperti riwayat perjalanan karier, daftar riwayat hidup, dan informasi pribadi lain secara utuh. Sementara itu, informasi yang ada di dalam resume cenderung lebih singkat, padat, dan ringkas. Riwayat perjalanan karier, pendidikan, dan informasi pribadi lain yang ada di dalam resume cenderung informasi-informasi terbaru dan relate dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

 

Jumlah halaman

Dengan informasi yang utuh, CV biasanya bisa memakan sekitar 2-3 halaman atau setidaknya lebih dari 1 halaman. Panjang tidaknya CV juga sangat bergantung pada banyak tidaknya pengalaman yang dimiliki. Sementara itu, karena informasi yang ada di dalamnya lebih singkat dan padat, panjang halaman resume hanya cukup 1 halaman saja.

 

Tujuan

Karena berisi informasi yang utuh dan lengkap mulai dari riwayat perjalanan karier, daftar riwayat hidup, dan informasi-informasi pribadi lainnya, kegunaan CV bisa untuk kepentingan akademis maupun pekerjaan. Sementara itu, karena informasi yang ada di dalamnya lebih ringkas dan spesifik untuk satu posisi pekerjaan yang hendak dilamar saja, tujuan resume hanya untuk kepentingan pekerjaan. Tepatnya, resume hanya bisa digunakan untuk melamar 1 jenis pekerjaan saja.

 

Nah, itulah penjelasan terkait CV dan resume serta apa saja perbedaannya.  Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 878 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi