Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 15 Mei 2022 14:00 WIB ·

Yuk, Intip 3 Rahasia Networking Luas untuk Mahasiswa


Img: glints.com Perbesar

Img: glints.com

Networking adalah sebuah cara memelihara dan membangun jaringan bersama orang-orang yang saling memberi keuntungan satu sama lain dalam jangka waktu panjang. Networking ini sering diartikan pula sebagai relasi positif yang seseorang miliki. Sebagai seorang mahasiswa, kita tentunya harus pandai-pandai memanfaatkan kesempatan untuk memperluas dan membangun networking. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memperluas networking ini. Berikut adalah 3 rahasia networking luas untuk mahasiswa.

 

1. Bergabung dengan komunitas atau organisasi

Komunitas dan organisasi adalah dua hal yang tidak asing lagi untuk mahasiswa. Bergabung dengan komunitas-komunitas dan organisasi baik dalam maupun luar kampus akan memberi segudang manfaat bagi mahasiswa. Manfaat-manfaat itu selain berupa softskill yang semakin terasah juga berupa networking yang bisa mahasiswa perluas. 

 

2. Beranikan diri untuk berkenalan dan berinteraksi dengan orang baru

Nah, poin ini merupakan poin yang sangat penting. Sebelum menginginkan adanya networking yang luas, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki keberanian untuk berkenalan serta berinteraksi dengan orang baru. Keberanian itu adalah kuncinya, lho! Tidak apa-apa untuk memulai suatu percakapan dengan orang baru. Tidak perlu mengkhawatirkan kemungkinan-kemungkinan yang belum pasti karena yang terpenting adalah kamu sudah berani untuk memulai interaksi terlebih dahulu.

Nah, jika kamu sudah memiliki keberanian untuk memulai berkenalan dan berinteraksi dengan orang-orang baru, pintu kesempatanmu untuk memiliki networking yang luas mulai terbuka. Coba bayangkan akan serugi apa kamu jika sudah bergabung dengan komunitas dan organisasi, tetapi tidak berani untuk berinteraksi dengan orang baru. Wah, pasti rugi karena tidak bisa menggunakan kesempatan itu untuk memperluas relasi!

 

3. Manfaatkan media sosial

Selain berinteraksi secara langsung, kamu juga bisa memperluas networking dengan interaksi melalui media sosial, lho! Berbagai media sosial dapat kamu manfaatkan mulai dari Instagram, WhatsApp, Tiktok, dan media sosial yang lain. Selain media sosial tersebut, kamu juga bisa mulai memanfaatkan LinkedIn untuk membangun relasi yang lebih profesional, lho. Dengan LinkedIn kamu bisa membangun networking dengan orang-orang yang sudah terjun ke dunia kerja dan karier profesional serta kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru dari networking tersebut.

Nah, itulah 3 rahasia networking luas untuk mahasiswa yang dapat langsung kamu praktikan. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli

Ide Pokok: Pahami Cara Menentukan hingga Ciri-Ciri

2 Juli 2024 - 20:09 WIB

Ide pokok

Apa Itu Intrapreneurship: Kenali Peran Hingga Strategi

1 Juli 2024 - 20:34 WIB

Apa iti intrapreneurship
Trending di Edukasi