Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 23 Des 2022 18:00 WIB ·

5 Hal Penyebab Gigi Keropos


Img: Pexels/Shiny-Diamond Perbesar

Img: Pexels/Shiny-Diamond

5 Hal Penyebab Gigi Keropos –Porositas gigi dapat disebabkan oleh paparan asam. Masalah ini juga bisa karena penyakit asam lambung, mulut kering, atau penggunaan antihistamin. Kondisi tersebut berpotensi mengikis smear layer.

Faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan termasuk beberapa makanan dan minuman serta kurangnya kebersihan gigi. Seiring berjalannya waktu, gejala gigi keropos akan bermanifestasi sebagai gigi sensitif yang mudah patah.

5 Hal Penyebab Gigi Keropos

Tidak menjaga kesehatan gigi

Terbentuknya plak pada permukaan dan sela-sela gigi karena gigi dan mulut yang kotor. Plak ini terbuat dari bakteri makanan tingkat lanjut. Ada jutaan mikroorganisme di sini.

Jika kamu tidak membersihkan mulut secara teratur, penumpukan plak dapat menyebabkan gigi tanggal. Selanjutnya, kotoran ini bisa berubah menjadi karang gigi yang menandai gigi.

Untuk menghindarinya, kamu untuk mencuci gigi minimal dua kali sehari. Apalagi sebelum tidur, sisa remah-remah makanan akan menumpuk sepanjang hari. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Terlalu banyak konsumsi asam

Makanan dan minuman asam dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sebenarnya kandungan tersebut bisa larut dengan air liur. Namun, jika kamu sering mengkonsumsinya, kulit dan dentin kamu akan perlahan rusak.

Kondisi ini membaik jika kamu menyikat gigi dan melewati benang interdental. Akibatnya adonan akan menghasilkan asam yang akan bercampur dengan makanan lanjutan sehingga menyebabkan kerusakan gigi.

Penyakit asam lambung

Peningkatan keasaman lambung dapat menyebabkan lapisan enamel gigi. Zat-zat tersebut, selain menyebabkan kanker, juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Di antaranya adalah halitosis, gigi sensitif, dan karies.

Bulimia

Bulimia adalah gangguan pencernaan di mana pasien memiliki rasa takut yang berlebihan akan muntah. Makanan dan minuman sering dimuntahkan setelah dikonsumsi.

Perilaku ini tidak hanya mengganggu sistem pencernaan, tetapi juga menyebabkan kecemasan. Ini karena cairan asam yang dimuntahkan bersifat korosif. Perlu dicatat bahwa ini menyebabkan gigi rapuh dan keropos.

Penggunaan obat-obatan

Porositas pada gigi juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat. Pereda nyeri, antidepresan, antihistamin, antasida, dan obat tekanan darah tinggi adalah berbagai jenis obat yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Jika plak gigi sudah semakin parah, lebih baik untuk segera menjadwalkan janji temu dengan spesialis gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan