Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 25 Sep 2022 15:00 WIB ·

5 Hutan Mangrove Terluas di Dunia, Ada Indonesia, lho!


img: pixabay.com/sarangib Perbesar

img: pixabay.com/sarangib

Hutan mangrove memiliki manfaat yang sangat besar untuk lingkungandan ekosistem. Salah satunya untuk mencegah abrasi. Nah, tahukah kamu mana saja hutan mangrove terluas di dunia? Yuk, simak sampai akhir!

1. Florida Mangrove – Amerika Serikat

Hutan mangrove di Florida ini luasnya sekitar 469.000 hektare, lho!

Habitat Florida Mangrove ini memiliki 80 jenis tumbuhan mangrove yang salah satu spesiesnya adalah bakau merah atau Rhizophora Mangle. Karakteristik bakau merah ini terlihat pada akarnya, yaitu akar penyangga dan tampak seperti berdiri di atas permukaan air.

Pihak Florida Mangrove telah menyediakan area pemberian bibit yang dilindungi untuk habitat ikan, kerang, dan krustasea. Selain itu, tanpa adanya hutan bakau ini, industri perikanan Florida akan menyusut tajam, sehingga hutan mangrove ini sangat berperan penting bagi negara.

2. Tanjung Puting National Park – Indonesia

Selanjutnya dari Indonesia ada Tanjung Puting National Park yang berlokasi di wilayah Kalimantan Tengah.

Luas hutan mangrove ini sekitar 415.040 hektare berdasarkan pernyataan UNESCO. Nah, Taman Puting National Park dengan hutan rawa air dan bakaunya merupakan nama lain dari Ramsar Site, yaitu kawasan untuk melestarikan dan melindungi fungsi lahan basah di dunia.

Selain itu, hutan mangrove ini dihuni oleh 917 ekor Orang Utan, lho! Bukan cuma itu, Orang Utan Foundation melaporkan bahwa ada sekitar 9 spesies primata yang hidup di kawasan Taman Puting National Park ini.

3. The Sundarbans – Bangladesh

Hutan ini memiliki luas sekitar 140.000 hektare, yang terletak di area delta Sungai Gangga, Brahmaputra, dan Meghna, Teluk Benggala.

Hutan bakaunya yang lebat membuat wilayah Sundarbans cukup padat. Di sepanjang tepi sungai Sundarbans cukup banyak kapal wisata yang menawarkan perjalanan air di sekitar kawasan Sundarbans.

Bukan hanya itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi satwa burung dengan 260 spesies, berbagai macam spesies reptile, dan buaya air garam.

4. Gulf of Panama – Panama

Luas hutan mangrove ini sekitar 89.278 hektare dan 12% wilayah Panama dikuasai hutan mangrove.

Wilayah hutan mangrove Gulf of Panama ini menghadap Teluk Panama dan mencakup 900 mil persegi yang berada di garis pantai pasifik. Membentang dari teluk Parita hingga Teluk San Miguell.

5. Pichavaram Mangrove – India

Pichavaram Mangrove terletak di antara dua muara, yaitu muara Vellar di utara dan Coleroon di selatan. Wilayah hutan mangrove ini sangat memesona, karena menawarkan pemandangan laut dan aktivitas pelayaran. Selain itu, rute untuk perahu disediakan lebih dari 400 rute, lho!

Hutan mangrive ini memiliki luas lahan sekitar 1.100 hektare dan memiliki lebih dari 50 pulau dengan ukuran 4.400 kanal besar dan kecil.

Nah, kitu dia hutan mangrove terluas di dunia dari beberapa negara yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Atasi rasa mala

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp

Apa Itu Kurikulum? Kenali Pengertian, Fungsi dan Konsepnya

13 Februari 2024 - 19:59 WIB

Apa itu Kurikulum

Hal Yang Di Larang Selama Wawancara Beasiswa Apa Saja? Ini Dia

12 Februari 2024 - 20:17 WIB

Hal Yang Di Larang
Trending di Edukasi