Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 15 Apr 2023 12:00 WIB ·

5 Komponen Biaya Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!


Img: pexels-mikhail-nilov Perbesar

Img: pexels-mikhail-nilov

5 Komponen Biaya Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu! –Tingkat universitas sering menjadi sarang perbincangan bagi calon mahasiswa, mahasiswa yang sedang berkuliah, dan orang tua. Hal ini wajar mengingat biaya kuliah di Indonesia terus meningkat karena berbagai faktor.

Bagi para pelajar sebentar lagi menjadi mahasiswa, kamu akan mengetahui apa saja komponen biaya kuliah semester baru nanti. Berikut 5 biaya saat kuliah yang harus calon mahasiswa ketahui. Yuk, simak sampai habis!

5 Komponen Biaya Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Biaya uang pangkal

Biaya pendaftaran atau biaya konstruksi ini hanya ada satu kali selama perkuliahan semester pertama. Ada beberapa universitas yang menyediakan metode cicilan antara tiga hingga enam kali untuk memudahkan calon mahasiswa. Untuk keperluan biaya pendaftaran, apabila kamu melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui proses seleksi nasional, kamu tidak wajib membayar biaya pendaftaran. Namun, kamu akan mendapatkan kuota pendaftaran tunggal (UKT) dengan biaya tetap setiap semester. UKT juga akan menyesuaikan keadaan sosial ekonomi siswa.

Biaya Semester atau UKT

Selain kuota pendaftaran, mahasiswa di PTS wajib membayar kuota semester tetap. Sama halnya dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mahasiswa bayarkab ke PTN, biaya semester tetap ini bayar satu kali pada setiap awal semester. Nilai kuota semester adalah tetap dari awal kuliah hingga akhir semester, dan nilai kuota semester berbeda-beda tiap perguruan tinggi dan jurusan. Biasanya, uang hasil semester ini juga termasuk ke pembayaran bulanan sistem kredit (SKS) yang juga bisa mahasiswa cicil.

Biaya untuk praktik

Ada beberapa masalah utama yang membutuhkan lebih banyak latihan. Misalnya, bidang-bidang utama seperti teknik, kedokteran, film, animasi, penyiaran radio, arsitektur, perhotelan, zoologi, dan masih banyak lagi. Biasanya, praktik mahasiswa lakukan sesuai dengan kebijakan masing-masing jurusan dan perguruan tinggi. Praktik ini dapat berupa pelatihan di tempat kerja atau pengajaran di kelas. Praktik ini diwajibkan di beberapa jurusan, sehingga harus dimasukkan dalam perhitungan jumlah sks yang harus dibayar mahasiswa.

Biaya SKS

Kamu yang akan kuliah di PTS pasti mengetahui tentang biaya kredit ini. Kekhususan kuota pendaftaran ini ditentukan oleh jumlah sks (Sistem Kredit Semester) yang kamu ambil selama semester berjalan. Setiap mata kuliah umumnya bernilai 2-3 sks. Misalnya, jika kamu mengambil 24 kredit di semester baru dengan kredit senilai 150 ribu, total biaya SKS kamu adalah 3,6 juta rubel.

Biaya hidup dan kebutuhan

Biaya hidup dan kebutuhan penginapan dapat dianggap sebagai biaya penting bagi mahasiswa baru, terutama mereka yang pindah dari daerah lain. Hal ini disebabkan biaya penginapan meliputi biaya penginapan (seperti listrik dan laundry), biaya makan dan minum, biaya transportasi, biaya perlengkapan mandi, dan biaya perlengkapan kuliah (buku, alat tulis, iuran).

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi