Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 27 Feb 2023 14:12 WIB ·

5 Persiapan Anak SMA Kelas 12 Untuk Kuliah, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu


5 Persiapan Anak SMA Kelas 12 Untuk Kuliah, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu Perbesar

Momentum mulai kuliah bagi siswa sekolah menengah menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan. Sebenarnya, apa saja yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia perkuliahan?

Bagi calon mahasiswa baru yang tidak menjalani gap year karena ingin langsung kuliah setelah lulus SMA, kegiatan kuliah adalah hal yang paling dinantikan.

Sebab, tidak ada lagi aturan penggunaan seragam, sehingga gaya berpakaian pun bisa bebas asalkan rapi. Selain itu, kuliah juga mengasah kemandirian, apalagi jika lokasi kampus cukup jauh dari tempat tinggal.

Apakah kamu salah satu siswa SMA yang akan menjalani perkuliahan tahun ini? Simak artikel persiapan anak SMA kelas 12 untuk kuliah yang wajib diketahui calon maba berikut ini.

1. Persiapan Mengikuti SNBP

Persiapan penting untuk anak SMA sebelum mulai kuliah pastinya berkaitan dengan jalur penerimaan mahasiswa baru. Jika kamu termasuk siswa yang eligible mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), kamu bisa bernapas lega karena tidak perlu belajar untuk tes.

Namun, kamu perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SNBP secara lengkap agar bisa mengikuti seluruh prosesnya tanpa terlewat. Siapkan pula berkas-berkas pendaftaran SNBP dan kumpulkan sebelum batas waktu penutupan.

Pada jalur SNBP, proses seleksi akan didasarkan pada nilai rapor dan portofolio untuk program studi yang berkaitan dengan bidang seni dan olahraga.

Dengan nilai rapor yang sudah kamu anggap bagus dan bisa bersaing, maksimalkan portofolio yang akan kamu gunakan untuk mendaftar. Ikuti format portofolio yang sudah ditetapkan, misalnya dalam hal ukuran file, jenis file, komponen portofolio, dan pastinya batas waktu pengumpulan.

Pastikan kamu sudah memilih jurusan kuliah yang dituju melalui jalur SNBP dengan penuh pertimbangan. Hindari memilih jurusan secara asal-asalan hanya karena langsung ingin diterima kuliah karena kamu akan menjalani jurusan tersebut dalam waktu yang lama.

Peluang diterima di jurusan yang kurang diminati pada SNMPTN bisa menjadi referensimu dalam memilih jurusan saat SNBP agar cepat diterima kuliah.

Perlu kamu ketahui bahwa persaingan jalur SNBP cukup ketat, terutama di jurusan-jurusan favorit kampus terbaik. Jadi, sebaiknya kamu melakukan langkah antisipasi dengan tetap belajar untuk mengikuti jalur masuk Perguruan Tinggi dengan tes.

2. Persiapan Mengikuti SNBT

Bagi kamu yang belum diterima kuliah melalui jalur SNBP, masih ada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sebagai alternatif. Jalur SNBT juga terbuka lebar bagi seluruh siswa kelas 12 dan siswa gap year dua tahun sebelumnya.

Berbeda dengan jalur SNBP yang didasarkan pada prestasi siswa, jalur SNBT mengutamakan nilai hasil tes, yaitu UTBK, sebagai pertimbangan seleksi. Semakin tinggi nilai UTBK yang kamu dapatkan, semakin besar pula peluang masuk jurusan yang kamu inginkan.

Sayangnya, untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi tidak mudah. Selain perlu belajar giat, kamu juga perlu mencari tahu tingkat keketatan persaingan masuk suatu jurusan melalui jalur SNBT.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nilai UTBK-mu bisa maksimal, seperti:

  1. Luangkan waktu khusus untuk memetakan seluruh materi yang akan dipelajari setiap hari, lengkap dengan referensi belajar yang akan dipakai. Dengan demikian, kamu tidak akan kesulitan dan bingung saat menentukan harus belajar apa di hari tersebut.
  2. Utamakan belajar teori materi terlebih dahulu, sehingga kamu lebih paham pada konsep-konsep materi.
  3. Lanjutkan dengan mengerjakan soal-soal latihan UTBK yang termudah hingga yang tersulit.
  4. Cobalah menggunakan timer atau pengukur waktu untuk mengetahui kecepatan pengerjaan soal, sehingga saat waktu ujian tiba kamu sudah terbiasa.
  5. Ikuti try out online maupun offline untuk mengetahui kemajuanmu sekaligus membandingkan hasil dengan peserta lainnya. Jika hasilnya kurang maksimal, masih ada waktu untuk memperbaikinya.
  6. Pertimbangkan jurusan yang dituju pada SNBT. Semakin favorit suatu jurusan, peminatnya semakin banyak dan pastinya persaingannya semakin ketat.
  7. Jaga kesehatan agar kamu bisa mengikuti UTBK dengan fisik prima.

Selain perlu melakukan tips-tips di atas, jangan lupa persiapkan dokumen penting untuk mendaftar UTBK SNBT dan pastinya membaca doa menghadapi ujian UTBK atau doa lainnya agar diterima.

3. Persiapan Mengikuti Jalur Mandiri

Masih belum diterima kuliah melalui jalur SNBP dan SNBT? Tenang, kamu tidak sendiri. Ada banyak calon mahasiswa baru yang bahkan bisa kuliah setelah berkali-kali mengikuti ujian masuk, bahkan harus gap year.

Salah satu jalur masuk kuliah yang banyak dicari siswa SMA kelas 12 adalah jalur mandiri. Pada jalur yang pelaksanaannya diatur langsung oleh pihak kampus tersebut, waktu seleksi dan materi ujian yang diberikan akan berbeda antara satu kampus dengan kampus yang lainnya.

Persiapan untuk mengikuti jalur mandiri pastinya adalah persiapan belajar materi ujian. Cari tahu informasi terkait materi apa saja yang diujikan pada jalur mandiri di kampus tujuanmu, biaya pendaftaran, dan mekanisme seleksinya.

Terdapat kampus yang menyelenggarakan jalur mandiri dengan mengadakan tes, namun ada pula yang menggunakan nilai UTBK atau nilai rapor sebagai bahan seleksi. Tidak hanya itu, jalur mandiri yang membuka kesempatan bagi siswa SMA yang aktif organisasi pun tersedia.

Jika diperlukan, kamu bisa membuat daftar kampus yang menyelenggarakan jalur mandiri agar bisa segera mencari alternatif tempat kuliah apabila belum diterima. Biasanya pelaksanaan jalur mandiri di setiap kampus berbeda, sehingga kamu tidak perlu takut akan berbenturan jadwal tes.

Tentukan pula apakah kamu akan mendaftar jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri atau di jalur mandiri di Perguruan Tinggi Swasta dengan pertimbangan biaya serta jurusan yang akan dipilih.

4. Persiapan Membeli Perlengkapan Kuliah

Memasuki dunia perkuliahan yang jauh berbeda dengan dunia anak sekolah bisa dilihat dari aturan penggunaan seragam hingga kebutuhan yang perlu dibeli. Di kampus, kamu bisa lebih bebas memilih baju yang dikenakan, asalkan bebas dan rapi.

Perlengkapan kuliah tentu tidak hanya sebatas pakaian saja. Jika saat di SMA kamu wajib mencatat menggunakan buku, di perkuliahan kamu bebas menggunakan apa saja untuk mencatat, termasuk dengan tablet.

Ada pula kebutuhan kuliah lainnya yang perlu dipertimbangkan, seperti pembelian buku referensi, jas praktikum, jas almamater, dan sebagainya. Jadi, alokasikan pengeluaran khusus untuk memenuhi kebutuhan perkuliahanmu.

Jika kamu adalah calon mahasiswa rantau, perlengkapan tambahan seperti perabotan di kamar hingga alat masak dan media hiburan seperti televisi pun perlu mendapatkan alokasi budget.

5. Persiapan Pencarian Kost

Permasalahan yang sering dihadapi siswa kelas 12 SMA saat memilih jurusan kuliah adalah lokasi kampus. Masih ada kekhawatiran memilih jurusan kuliah yang jauh dari tempat tinggal karena harus merantau dan beradaptasi.

Jika kamu mempunyai kerabat, teman, atau saudara di dekat kampus, hal tersebut bukan masalah besar. Namun, bagi kamu yang sendirian dan ingin belajar mandiri, ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan, terutama tempat tinggal.

Tidak ada salahnya tinggal di kost asalkan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhanmu dan lingkungan belajarnya mendukung. Pastikan kamu berada di tempat yang nyaman dan bisa mendukung mobilitasmu sebagai mahasiswa baru di kampus.

Tentu akan memakan waktu jika kamu melakukan survey kost dengan mendatangi lokasinya satu per satu, apalagi hanya untuk memastikan fasilitas kost dan mengetahui gambaran umum lokasi sekitar kost. Sedangkan kamu belum tentu cocok dengan kost tersebut tapi merasa sungkan pada pemiliknya jika tidak jadi menyewa.

Untunglah saat ini proses pencarian kost semakin mudah dengan adanya aplikasi cari kost Mamikos yang dapat kamu akses melalui ponsel secara gratis. Terdapat banyak pilihan kost di dekat kampus sebagai bahan pertimbanganmu. Selain itu, ada berbagai promo yang bisa kamu gunakan juga, lho!

Kamu bisa mendapatkan kost murah berfasilitas lengkap, seperti kost dengan parkir mobil dan motor, kost dengan AC, kost dengan fasilitas WiFi, kost boleh bawa hewan peliharaan, hingga kost mewah yang fasilitasnya eksklusif dengan banyak ruangan tambahan.

Proses pencarian kost secara online dan kemudahan untuk membandingkan fasilitas serta biaya kost membuat proses memilih kost semakin cepat.

Setelah menemukan fasilitas dan harga kost yang diinginkan, gunakan fitur 360 untuk mendapatkan gambaran ruangan kost lebih jelas. Sudah yakin dengan kost tersebut? Lakukan booking kost dan pembayaran secara online.

Kamar kost pun siap kamu tempati saat menjadi mahasiswa nanti. Mudah, bukan? 

Penutup

Demikian informasi terkait 5 persiapan anak SMA kelas 12 untuk kuliah yang wajib diketahui calon mahasiswa baru. Tentunya masih banyak persiapan kuliah lainnya yang tidak tertulis namun tetap diperlukan.

Agar tidak terburu-buru mempersiapkan seluruh persiapan kuliah di atas, lakukan dengan cara mencicil dan tidak melakukannya dalam satu waktu.

Ketahui dunia perkuliahan yang sebenarnya dengan banyak membaca tulisan tentang jurusan yang ingin kamu masuki melalui website resmi kampus tujuan.

Ada pula ulasan blog dari para mahasiswa atau alumninya yang memuat cerita tentang dunia perkuliahan agar wawasanmu tentang dunia perkuliahan semakin luas.

Jangan lupa segera cari kost di dekat kampus sebelum perkuliahan dimulai menggunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos. Yuk, download aplikasinya sekarang dan manfaatkan berbagai kemudahannya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 168 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Tips Sukses Kuliah

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan

28 Desember 2023 - 22:57 WIB

Apa itu Cumlaude

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan

13 Desember 2023 - 20:37 WIB

Ipk dan ips
Trending di Mahasiswa