Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Event · 7 Nov 2022 09:00 WIB ·

7 November Hari Wayang Nasional, Ini Dia Sejarahnya


img: http://ladderdream.blogspot.com/ Perbesar

img: http://ladderdream.blogspot.com/

Pada 7 November ini ternyata adalah peringatan sebagai Hari Wayang Nasional (HWN). Peringatan ini cukup krusial guna mendorong kesadaran dan apreasiasi masyarakat terhadap wayang. Nah, kira-kira bagaimana sejarah 7 November bisa sampai menjadi Hari Wayang Nasional? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Sejarah Hari Wayang Nasional

Penetapan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional tidak bisa terlepas dari peran komunitas wayang di Indonesia. Banyak dari kalangan dalang dan budayawan yang sudah mengusulkan tanggal tersebut agar menjadi peringatan tahunan terhadap kebudayaan wayang.

Dari banyaknya tokoh yang mengusulkan adanya Hari Wayang Nasional, Ki Manteb Soedharsono adalah salah satu orang yang paling vokal dalam menyuarakan perayaan tersebut. Beliau mengungkapkan bahwa dirinya sudah lama berharap perayaan tersebut menjadi kenyataan.

Selain itu, pada 7 November 2003, wayang telah menjadi Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity (Mahakarya Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Manusia) oleh UNESCO. Penganugerahan ini tentu menunjukkan betapa berharganya kebudayaan wayang. Bukan hanya bagi Indonesia, tapi bahkan di mata dunia.

Karena kedua faktor tersebut, akhirnya melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018, tertanggal 17 Desember 2018, pemerintah menetapkan 7 November sebagai Peringatan Hari Wayang Nasional.

Penandatanganan keppres tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di hadapan para perwakilan budayawan dan seniman di Istana Merdeka, lho! Sejak saat itulah, 7 November menjadi peringatan Hari Wayang Nasional di Indonesia.

Nah, itu dia sejarah Hari Wayang Nasional. Yuk, kita bersama-sama menjaga wayang sebagai salah satu warisan kebudayaan Indonesia ini!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Termasuk Cegah Ketombe

12 Februari 2024 - 22:24 WIB

Manfaat Lidah Buaya

Ucapan Isra Miraj 2024 Yang Cocok Anda Bagikan Di Media Sosial

7 Februari 2024 - 21:21 WIB

Isra Miraj 2024

Kendala Yang Sering Dialami Mahasiswa dan Solusinya

5 Februari 2024 - 15:34 WIB

Manfaat Iklan Dari Sisi Pendidikan dan Bisnis

29 Januari 2024 - 16:01 WIB

Manfaat Iklan

Kampus Swasta Terbaik Surabaya versi UniRank, Referensi 2024

14 Januari 2024 - 20:11 WIB

Tahapan Seleksi Beasiswa Luar Negeri, Simak Langkah-Langkahnya

2 Januari 2024 - 15:25 WIB

Tahapan Seleksi Beasiswa
Trending di Tips dan Trik