Bagi mahasiswa, dunia kampus adalah sebuah pengalaman berharga yang penuh dengan tantangan. Sistem belajar antara di sekolah dengan kuliah juga sangat berbeda. Oleh sebab itu, di butuhkan persiapan yang baik demi memperlancar aktivitas perkuliahan, salah satunya ialah manajemen waktu. Belajar memang hal yang sangat penting dalam perkuliahan, tetapi mengatur waktu juga tidak kalah penting. Manajemen waktu adalah sebuah tantangan yang terkadang sulit di lakukan apalagi jika mahasiswa mempunyai aktivitas lain. Itulah sebabnya mengapa mengelola waktu harus di terapkan mahasiswa khususnya anak maba agar tugas kuliha bisa selesai tepat waktu. Berikut ini ada beberapa tips bagaimana menerapkan manajemen waktu bagi mahasiswa.
Tips Kelola Waktu dengan Mengatur Jadwal.
Langkah pertama ialah dengan mengatur jadwal. Hal ini tentu juga penting agar bisa mengatur jadwal mana untuk mengerjakan tugas, belajar untuk persiapan ujian, hingga waktu luang lainnya. Dengan mengelola jadwal, akan membantu anda menjadi lebih efektif serta bisa memastikan jika tugas anda dapat selesai tepat waktu.
Memprioritaskan Tugas Kuliah.
Selain dari hasil ujian, tugas kuliah juga bisa mempengaruhi nilai suatu mata kuliah. Maka dari itu, selesaikan tugas kuliah sebelum memasuki pertemuan matkul berikutnya. Dan jadikan tugas kuliah sebagai prioritas anda selama masa studi berlangsung agar memperoleh nilai yang memuaskan.
Kurangi Menunda Waktu.
Maksudnya pada langkah ini memungkinkan anda untuk mengurangi yang namanya ‘molor’ atau menunda waktu khususnya belajar dan mengerjakan tugas. Menunda waktu hanya membuat anda rugi dan bisa mempengaruhi nilai akademis. Maka dari itu, jika sudah waktunya belajar dan kerjakan tugas sebaiknya selesaikan sampai tuntas.
Tips Mengatur Waktu dengan Istirahat Yang Cukup.
Meskipun belajar dan mengerjakan tugas merupakan hal yang sangat penting dalam aktivitas perkuliahan, tetapi jangan sampai mengorbankan diri sendiri sampai lupa bahwa anda membutuhan istirahat. Dengan istirahat yang cukup, selain bisa menjaga kinerja otak juga menghindari kita dari rasa stres.
Hindari Multitasking.
Langkah terakhir ialah menghindari aktivitas lain atau multitasking. Maksudnya ialah mengerjakan tugas sambil mengerjakan aktivitas lain. Tentu hal ini akan membuat tugas yang anda kerjakan menjadi tidak maksimal sehingga mempengaruhi nilai tugasnya.
Itulah pembahasan mengenai cara menerapkan manajemen waktu bagi anak maba. Semoga ini bisa bermanfaat khususnya mahasiswa baru agar selama masa perkuliahan dapat di lalui dengan lancar.