Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sosial · 4 Des 2023 14:29 WIB ·

Aksi Boikot Produk Viral, Ini Dampak Ekonomi Yang Ditimbulkan


Ilustrasi boikot (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi boikot (img: pixabay.com)

Tragedi kemanusiaan palestina yang terjadi belakangan ini telah banyak merenggut korban jiwa. Hal ini membuat sebagian besar negara khususnya indonesia mendesak israel menghentikan agresinya. Tidak hanya desakan, berbagai aksi pun di lakukan oleh berbagai negara seperti indonesia yang melakukan boikot produk yang terafiliasi mendukung israel. Aksi ini menimbulkan pro kontra, ada yang setuju namun tidak sedikit pula yang kontra. Lalu, bagaimana efek atau dampak yang di timbulan dari sisi ekonomi pada aksi ini?

Pada artikel ini akan membahas beberapa dampak yang di timbulkan akibat aksi ini dari sisi ekonomi.

Aksi Boikot Produk Akibatkan Pendapatan Perusahaan Menurun.

Aksi Boikot Produk

Ilustrasi Pendapatan (img: feb.umsu.ac.id)

Dampak aksi boikot ini bisa saja membuat pendapatan menurun akibat penjualan yang tidak normal seperti biasanya. Misalnya seperti produk makanan dan minuman yang biasanya sampai ratusan transaksi kini hanya mampu menciptakan 46.000 transaksi saja. Untuk produk lainnya seperti produk kecantikan juga hanya mampu 46.000 transaksi. Penurunan ini karena mereka menolak menggunakan produk yang terindikasi mendukung israel. Namun, ada juga beberapa orang yang menggunakannnya karena memang produk tersebut sangat di perlukan.

Angka Pengangguran Dikhawatirkan Meningkat.

Aksi Boikot Produk

Ilustrasi Pengangguran (img: unsplash.com)

Selain menurunkan pendapatan perusahaan, aksi boikot ini juga di khawatirkan bisa memberi efek negatif yang cukup signifikan yaitu pengangguran. Semakin lama penjualan menurun bisa membuat perusahaan kesulitan untuk balik modal dan membiayai karyawannya. Jika hal ini terjadi terus menerus maka bisa saja akan terjadi pemberhentian karyawan atau PHK. Meski indonesia sendiri tidak memiliki mitra dagang dengan israel, tetapi ini bisa berpengaruh terhadap ekonomi nasional dan perdagangan internasional.

Mengakibatkan Gulung Tikar.

Ilustrasi Bangkrut (img: djkn.kemenkeu.go.id)

Jika aksi ini terus menerus terjadi, bisa mengakibatkan perusahaan bangkrut atau gulung tikar. Hal ini terjadi karena daya beli yang terus menurun dan lebih memilih menggunakan produk lain yang tidak terafiliasi dengan pihak manapun. Akan tetapi, untuk menghindari hal tersebut anda bisa beralih menjual produk lokal yang mungkin banyak di minati.

Itulah pembahasan mengenai dampak ekonomi dari aksi boikot produk. Meskipun memang berdampak kurang baik dari sisi ekonomi, hal ini bisa saja membuka peluang produk umkm lokal untuk terus bereksplorasi di kancah nasional.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Pada Remaja

30 Januari 2024 - 21:42 WIB

Generasi Z: Kenali 5 Kakarteristik Yang Perlu Dipahami

6 Januari 2024 - 20:42 WIB

Generasi Z

Generasi Strawberry: Pengertian, Penyebab, dan Ciri-Cirinya

6 Januari 2024 - 20:41 WIB

Hari Introvert Sedunia 2 Januari, Pahami Tipe-Tipenya!

2 Januari 2024 - 21:15 WIB

Hari Introvert Sedunia

Kalender 2024, Berikut Daftar 27 Tanggal Merah dan Cuti Bersama

29 Desember 2023 - 22:25 WIB

Kalender 2024

Manfaat dan Alasan Mengapa Harus Tinggal di Kos-kosan

25 Desember 2023 - 22:22 WIB

Manfaat dan alasan Kos Kosan
Trending di Sosial