Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 5 Agu 2022 12:00 WIB ·

Perhatikan Bahaya Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan!


Img: pexels-dana-tentis Perbesar

Img: pexels-dana-tentis

Udang adalah makanan laut yang kaya akan protein. Daging udangnya lembut dan berwarna putih, tetapi kulitnya agak keras. Selanjutnya, udang kita kenal sebagai makanan laut yang bergizi tinggi yang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Udang memiliki jumlah kalori yang rendah. Serta mengandung 84 kalori dalam tiga porsi (85 gram). Protein menyumbang sekitar 90% dari kalori ini, dengan lemak menyumbang sisanya. Hewani laut ini memiliki lebih dari 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Selenium dan mineral dapat membantu kesehatan jantung dan peradangan. Menurut healthline.com, udang memiliki nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 84 kal.
  • Protein: 18 gram.
  • Selenium: 48% dari asupan diet yang direkomendasikan atau Recommended Dietary Intake (RDI).
  • Vitamin B12: 21% dari RDI.
  • Besi: 15% dari RDI.
  • Fosfor: 12% dari RDI.
  • Niacin: 11% dari RDI.
  • Seng: 9% dari RDI.
  • Magnesium: 7% dari RDI.

Udang kaya akan yodium dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Yodium baik untuk tiroid dan otak. Serta mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3.

Bahaya dalam mengkonsumsi

Mengkonsumsi udang terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan beberapa orang. Perlu kita ketahui bahwa beberapa orang memiliki alergi makanan laut. Jika dikonsumsi, seafood bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal, ruam kulit, dan bengkak.

Namun, makanan laut juga sangat bergizi. Manfaat seafood untuk ibu hamil dan menyusui dapat membantu bayi tumbuh dan berkembang. Namun, kita harus memahami seafood mana yang aman untuk kita konsumsi dan mana yang harus kita hindari.

Beberapa makanan laut mengandung kadar merkuri yang tinggi, menurut Food and Drug Administration. Wanita hamil disarankan untuk berhati-hati saat mengonsumsi makanan laut. Merkuri dapat membahayakan sistem saraf bayi saat ia tumbuh. Makanan laut yang kaya merkuri meliputi:

  • Ikan Todak.
  • Ikan Hiu.
  • Raja makarel.
  • Ikan ubin.
  • Ikan tuna segar.
  • Ikan orange.

Bahaya mengkonsumsi udang mentah

Mengandung bakteri jahat

Udang mentah mungkin mengandung bakteri berbahaya. Bakteri vibrio banyak kita temukan pada udang. Jika tidak kita bersihkan dengan benar, bakteri ini dapat menetap di dalamnya. Lebih dari 70 spesies telah terindentifikasi, 12 di antaranya dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Dalam satu penelitian, 299 sampel udang mentah diuji. Bakteri vibrio terbukti pada 55% sampel. Bakteri ini mampu menyebabkan infeksi, kolera, dan gastritis (gejala penyakit lambung).

Menimbulkan penyakit

Muntah, kram perut, demam, dan diare adalah gejala bakteri. Udang mentah mengandung bakteri yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bakteri Salmonella, E. coli, Vibrio, dan Bacillus memiliki dampak seperti keracunan makanan yang berasal dari bahan mentah yang mengandung bakteri ini.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan