Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 12 Agu 2022 15:00 WIB ·

Merasa Hampa dan Mati Rasa? Bisa Jadi Kamu Mengalami Emotional Numbness


pixabay.com/shlomaster Perbesar

pixabay.com/shlomaster

Seperti yang kita tahu, stres yang terus menumpuk tanpa solusi bisa mengarah pada kecemasan berlebih, bahkan berujung depresi. Bukan cuma itu, tumpukan stres yang berlarut-larut berpotensi menyebabkan kondisi emotional numbness, loh!

Memangnya apa sih emotional numbness itu? Nah, kalau kamu mau tau lebih detail mengenai kondisi ini, baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu Emotional Numbness?

Emotional numbness adalah kondisi yang mana seseorang merasa hampa dan kesulitan dalam mengungkapkan emosi yang dirasakannya.

Ketika mengalami kondisi  ini, seseorang mampu meminimalisir perasaan sakit dan kecewa yang cukup parah. Hal ini karena mereka cenderung merasa mati rasa.

Mati rasa secara emosional tentu saja ditandai dengan kesulitan mengenali emosi yang dirasakan. Bahkan, untuk perasaan bahagia pun, penderita sulit merasakannya. Akibatnya, mereka tidak merasa bahagia ketika melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya mereka sukai.

Melansir dari Healthline, orang dengan emotional numbness akan menjadi lebih suka menyendiri daripada berkumpul bersama orang lain. Kondisi ini dapat membuat mereka merasa terisolasi dari orang lain. Perasaan terisolasi ini dapat menimbulkan perasaan hampa, putus asa, dan seakan tidak punya masa depan.

Terlepas dari itu semua, kondisi ini bukan merupakan sebuah gangguan psikologis yang menetap atau permanen. Jadi, penderita dapat sembuh seperti semula dengan perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi Emotional Numbness

Memiliki Support System

Meski awalnya akan terasa sulit untuk membuka perasaan pribadi, tapi adanya dukungan dari keluarga, teman, atau orang-orang terdekat lainnya bisa sangat bermanfaat. Kehadiran orang-orang terdekat juga mampu membuat penderita merasa lebih aman karena merasa tidak sendiri lagi.

Berolahraga

Berolahraga yang tepat bisa membuat tubuh memproduksi hormon endorfin, yaitu hormon yang memicu perasaan positif. Oleh karena itu, dengan berolahraga rutin, mampu mengurangi stress yang kamu derita, sehingga tidak menumpuk.

Menghindari stres berlebihan

Stres adalah salah satu faktor yang memungkinkan seseorang mengalami kondisi ini. Oleh karena itu, penting untuk belajar pengelolaan stres yang baik dan benar.

Meski tidak mungkin menghindari stres setiap harinya, tapi dengan pengelolaan yang baik, stres yang kamu rasakan tidak sampai menumpuk dan mengganggu kesehatanmu. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui trik manajemen stres.

Nah, itu dia paparan singkat mengenai emotional numbness, semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan