Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 4 Mei 2022 16:00 WIB ·

3 Fakta Unik Lebaran


Img: cnnindonesia.com Perbesar

Img: cnnindonesia.com

Hari raya lebaran atau Idul fitri sudah berlangsung selama 3 hari. Sejauh ini pasti kita sudah melihat momen kebersamaan keluarga di hari kemenangan ini. Akan tetapi, sudahkah kalian menyadari adanya fakta-fakta unik tentang hari raya umat muslim ini? Nah, jika belum, cek pemaparan terkait 3 fakta unik lebaran berikut!

 

1. Tradisi Membeli Baju Baru

Salah satu pertanda bahwa lebaran akan segera datang adalah penuhnya toko-toko pakaian dengan calon pembeli. Entah untuk membeli gamis, baju koko, atau peralatan salat yang baru. Sadar tidak sadar, membeli baju baru untuk hari raya lebaran sudah menjadi budaya yang dimiliki oleh masyarakat. Tidak diketahui dengan jelas bagaimana awal dari munculnya tradisi ini. Yang terpenting tujuan dari membeli baju baru saat hari raya ini adalah untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri. Masyarakat percaya dengan baju baru yang mereka kenakan, mereka bisa tampil lebih baik di depan sanak saudara serta memberi kesan istimewa untuk hari raya.

Akan tetapi, membeli baju baru bukanlah suatu kewajiban dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Yang terpenting, dalam hari raya ini kita saling bermaaf-maafan dengan sanak saudara, tetangga, dan kawan-kawan. Sebab, tujuan dari adanya hari raya ini adalah untuk kembali ke fitrah. Lagi, perayaan hari raya Idul Fitri akan lebih bermakna apabila kita memaknainya langsung dari hati dan perasaan kita. Perayaan hari raya lebih dari sekadar tag baju baru.

Singkatnya, hari raya lebaran memang identik dengan tradisi membeli baju baru. Akan tetapi, itu bukanlah suatu kewajiban. Kenakanlah pakaian terbaik untuk merayakan hari kemenangan ini. Ingat, pakaian terbaik tidak musti pakaian baru!

 

2. Camilan hingga hidangan untuk tamu

Selain toko-toko pakaian, toko atau supermarket yang menjajakan camilan lebaran pasti akan penuhi oleh masyarakat apalagi menjelang hari raya. Hal itu dikarenakan tradisi menghidangkan camilan di meja ruang tamu sudah menjadi suatu kebudayaan dalam masyarakat. Kita sebagai bagian dari kolektif tersebut pasti tahu bahwa tujuan adanya camilan itu adalah untuk memberikan penjamuan yang terbaik untuk tamu yang datang berkunjung.

Tidak hanya camilan, saat datang dan bertamu ke rumah sanak saudara atau tetangga kita pasti disuguhi dengan hidangan khas hari raya, seperti opor ayam, ketupat, ataupun makanan sejenisnya.

 

3. Golongan muda mendatangi golongan tua

Pada hari raya Idul Fitri, para golongan muda cenderung berkumpul di satu rumah milik golongan tua, seperti rumah nenek, kakek, dan golongan tua lain. Kemudian, apabila ada orang yang dianggap lebih tua dari suatu keluarga mendatangi rumah yang lebih muda untuk bersalam-salaman, maka akan ada rasa ‘sungkan’ dari golongan yang lebih muda.

Nah, itulah 3 fakta unik lebaran. Di antara 3 fakta unik tersebut, apakah kamu sudah merasakan salah satunya? Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 93 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts