Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 11 Jun 2022 12:00 WIB ·

5 Fakta Unik Tentang Laut, Yakin Sudah Menyadarinya?


Img: Pixabay.com/dimitrisvetsikas1969 Perbesar

Img: Pixabay.com/dimitrisvetsikas1969

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, lebih dari sebagian besar permukaan bumi ini dilapisi oleh air, yaitu sekitar 71%-nya. Dari 71% yang meliputi semua mata air termasuk sungai, danau, dan lautan, lautan menguasai sekitar 96,5%. Wah, bisa kalian bayangkan seluas apa lautan di bumi ini. Nah, pertanyaannya, dari keseluruhan lautan yang bumi miliki, apakah tiap sentinya sudah pernah terjamah manusia? Untuk menjawab pertanyaan itu, berikut adalah 5 fakta unik tentang laut yang belum banyak manusia ketahui.

 

1. Kurang dari 5% lautan yang berhasil manusia eksplor

Dari 96,5% lautan yang ada di bumi ini, kenyataannya kurang dari 5% yang berhasil manusia eksplor atau jelajahi. Namun, masih banyak para ahli yang mencoba memperluas penjelajahan laut ini walaupun memerlukan dana yang tidak sedikit. Nah, jika dari 96,5% lautan di bumi ini hanya kurang dari 5% yang sudah manusia jelajahi, itu berarti masih terdapat lebih dari 91,5% bagian lautan yang belum tersentuh manusia. Kira-kira dari prosentase sebesar itu, rahasia-rahasia apa ya yang lautan miliki?


2. Terdapat 80% letusan gunung berapi di bawah lautan

Siapa sangka lautan yang tampak tenang itu ternyata menyimpan fakta bahwa ada 80% letusan gunung berapi aktif di dalamnya. Bahkan, masih banyak gunung berapi aktif yang ada di dalam lautan, lho!

3. Kehidupan di bumi didominasi oleh makhluk laut

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sebagian besar dari permukaan bumi yang kita huni saat ini dikuasai oleh lautan. Karena itulah, tidak heran apabila mayoritas kehidupan di bumi ini diisi oleh makhluk laut atau makhluk hidup yang hidup di laut. Bahkan, dipercaya pula bahwa 94% spesies yang ada di bumi berada di dalam lautan.

4. Akses internet sangat bergantung pada lautan

Fakta tentang lautan yang berikutnya adalah fakta bahwa lautan adalah sarana penyalur akses internet. Internet yang selama ini kita gunakan bukanlah menyebar melalui udara begitu saja, melainkan dengan adanya kabel penghubung yang berada di dalam laut. Kabel tersebut menghubungkan satu sisi belahan bumi dengan belahan bumi yang lain. Perusahaan-perusahaan komunikasi sengaja memasang kabel penghubung itu dengan tujuan menjaga jaringan internet internasional. Karena alasan itulah, kabel yang berukuran sangat besar dan tentunya begitu panjang itu lengkap dengan lapisan yang sebaik mungkin untuk menjaga kabel tersebut dari interaksi makhluk laut atau fenomena kehidupan laut lain.

5. Hampir 80% oksigen di bumi berasal dari laut

Tumbuh-tumbuhan yang hidup di laut nyatanya berhasil menjadi pemasok utama oksigen yang ada di bumi, lho. Tumbuhan itu adalah ganggang laut. Karena itulah, eksistensi laut dengan segala isinya sangat berperan penting bagi keberlangsungan kehidupan di bumi secara keseluruhan.

 

Nah, itulah 5 fakta unik tentang laut. Dari kelima fakta unik tersebut, mana nih yang paling membuat kamu terkejut? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 129 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts