Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 6 Jun 2022 15:00 WIB ·

8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Harus Camaba Pahami


Img: pintek.id Perbesar

Img: pintek.id

Camaba udah pada tahu belum, nih? Ada banyak jalur masuk perguruan tinggi, loh! Meski SNMPTN dan SBMPTN menjadi dua jalur masuk perguruan tinggi paling populer, tapi masih banyak jalur lain yang bisa kamu coba. Nah, berikut 8 (delapan) jalur masuk perguruan tinggi.

 

1. SNMPTN

Jalur yang pertama, yaitu SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang populer sebagai jalur undangan. Jalur ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik. Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, diantaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih.

 

2. SBMPTN

Jalur kedua, yaitu SBMPTN. Nah, untuk mendaftar ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini, kamu perlu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Skor UTBK inilah yang nantinya menjadi syarat wajib untuk mendaftar ke SBMPTN.

 

3. Seleksi Mandiri PTN

Tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN? Jangan risau, selain SNMPTN dan SBMPTN, beberapa PTN masih membuka jalur masuk melalui Seleksi Mandiri, seperti SIMAK UI, UTUL UGM, SMUP Unpad, dan sebagainya. Jalur ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN secara independen. Proses seleksi pada jalur mandiri ini akan berbeda-beda untuk setiap PTN, sehingga calon mahasiswa harus mencari tahu lebih detail di website resmi masing-masing PTN.

 

4. Sekolah Tinggi Kedinasan

Selanjutnya yaitu ada sekolah kedinasan yang sedikit berbeda dengan PTN. Sekolah Tinggi Kedinasan ini merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan yang menawarkan ikatan dinas bagi para lulusannya. Setiap tahun, proses penerimaan untuk sekolah tinggi Kedinasan dimulai di waktu yang berbeda-beda. Oleh karena itu, para camaba pun perlu menggali informasi lebih dalam di website masing-masing, ya!

 

5. SNMPN

Hampir sama dengan SNMPTN, SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah jalur masuk untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani di seluruh Indonesia. Berbeda dengan universitas yang lebih banyak memberi materi berupa teori, politeknik lebih fokus untuk mengajarkan keterampilan dan ilmu-ilmu terapan melalui praktik.

 

6. Seleksi PTKIN

PTKIN atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, merupakan sebutan untuk beberapa kampus yang berada di bawah naungan dari Kementerian Agama RI.  Proses seleksi SPAN-PTKIN ini biasanya dimulai pada bulan Januari.

 

7. SMMPTN Barat

SMMPTN-Barat adalah seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya secara serentak di antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

 

8. Seleksi Masuk PTS

Bukan hanya PTN, di Indonesia, banyak sekali Perguruan Tinggi Swasta dengan standar internasional yang menawarkan program perkuliahan yang sangat menarik, loh! Untuk masuk ke PTS tujuan, camaba harus mencari informasi ke masing-masing PTS yang dituju, sebab setiap PTS memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda.

 

Nah, itu dia 8 jalur masuk perguruan tinggi yang perlu kamu ketahui. Jadi, buat kamu para camaba, jangan berkecil hati jika telah ditolak oleh satu jalur, karena masih banyak jalur lain yang bisa kamu coba. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi