Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 23 Mei 2022 13:00 WIB ·

Dijamin! 5 Jurusan Ini Bisa Melatih Kemampuan Menulis Mahasiswa


Img: kampusundip.com Perbesar

Img: kampusundip.com

Kemampuan menulis dalam kehidupan perkuliahan memang memegang peran yang cukup penting. Eits, menulis di sini tidak selalu berarti menulis puisi, cerpen, novel, atau bentuk karya sastra lainnya. Kegiatan sederhana seperti menyusun artikel ilmiah, mengerjakan makalah, dan kegiatan-kegiatan sejenisnya termasuk dalam kegiatan menulis. Nah, dalam pemberian tugas dari dosen kita tidak jarang mendapatkan tugas untuk menyusun tugas-tugas yang berkaitan dengan tulis menulis. Sayangnya, banyak mahasiswa yang masih tidak begitu menyukai kegiatan menyusun kalimat ini, lho. Nah, jika kalian masuk ke dalam jurusan-jurusan tertentu, kemampuan menulis kalian akan terasah, lho! Apa aja sih jurusan yang bisa melatih kemampuan menulis itu? Yuk, cek pada pemaparan di bawah ini!

 

1. Sastra

Dalam jurusan sastra, kita tidak hanya berkutat dengan puisi, cerpen, novel, ataupun naskah drama. Namun, kita juga akan belajar bagaimana cara menyusun laporan hasil analisis dengan cara yang tepat. Selain dalam penyusunan katanya hingga membentuk satu kalimat yang utuh, jurusan Sastra juga melatih kemampuan menulis dengan cara memberikan pengetahuan seputar kaidah penulisan yang tepat. Sejak semester awal, jurusan ini akan memberi bekal kepada mahasiswanya untuk memahami tata cara penulisan artikel ilmiah yang tepat.

 

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang berikut adalah ilmu komunikasi. Dalam jurusan ini kemampuan menulis kita akan semakin berkembang. Hal itu terjadi karena jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki banyak mata kuliah yang berhubungan dengan penulisan, seperti penulisan artikel dan lain sebagainya.

 

3. Media dan Broadcasting

Melalui jurusan ini, kamu dapat mengasah kemampuan menulis kamu, lho. Kamu akan belajar bagaimana cara mengemas dan menciptakan suatu ide untuk program-program kreatif yang mana kemampuan menulis pasti akan sangat dibutuhkan di sini. Nah, jangan takut jika kamu awam dalam dunia penulisan karena secara perlahan kemampuan menulis kamu akan dilatih perlahan di sini. 

 

4. Pendidikan

Melalui jurusan pendidikan, kamu bisa berlatih bagaimana transfer ilmu baik melalui ucapan maupun tulisan. Nah, karena itulah kemampuan menulis kamu akan sangat diasah di sini. 

 

5. Perfilman

Siapa sih yang tidak tahu jurusan yang satu ini. Jurusan ini banyak dipilih oleh orang-orang yang memang sudah menaruh rasa suka dan penasarannya pada dunia perfilman. Eits, di jurusan ini kamu juga bisa melatih kemampuan menulis kamu, lho! Kemampuan menulis itu dapat dilakukan melalui kegiatan penulisan skenario atau naskah dan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan perfilman yang lain.

 

Nah, itulah 5 jurusan untuk melatih kemampuan menulis kamu. Dari kelima jurusan tersebut, mana nih yang menurut kamu cocok untuk kamu? Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi