Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 1 Okt 2023 11:23 WIB ·

Kirim Lamaran Kerja Melalui Email, Perhatikan Tips Ini


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Mengirim lamaran pekerjaan kini bisa di lakukan di mana saja mulai dari melalui email, google form, atau melalui situs perusahaan. Tetapi, ada juga beberapa perusahaan yang masih meminta kepada pelamar untuk membawa berkas lamaran secara fisik. Kini, sebagian besar pelamar memanfaatkan email untuk melamar pekerjaan karena selain lebih sederhana dan fleksibel juga lebih hemat pengeluaran. Jadi tidak perlu repot lagi keliling mencari kerja. Dalam mengirim lamaran kerja juga tidak bisa di lakukan secara asal-asalan. Karena jika anda hanya mengirim berkas tanpa subjek dan keterangan dalam emailnya lamaran anda akan di anggap spam oleh HRD. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam kirim lamaran kerja melalui email yang sudah di rangkum di bawah ini.

Menyiapkan Dokumen Sebelum Kirim Lamaran.

Sebelum anda memgirim lamaran kerja, sebaiknya siapkan beberapa dokumen yang di butuhkan untuk memenuhi syarat yang di minta oleh perusahaan. Beberapa dokumen tersebut terdiri dari CV atau Daftar Riwayat Hidup yang berisikan data diri anda, riwayat atau pengalaman kerja atau organisasi. Selain CV, tambahkan dokumen lainnya seperti Surat Lamaran, Ijazah, Transkrip Nilai hingga SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian jika ada. Usahakan berkas yang sudah ada di gabungkan menjadi satu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pihak HRD dalam mengecek informasi pelamar.

Mencantumkan Subjek Sebelum Kirim Lamaran Kerja.

Dalam mengirim lamaran kerja, usahakan selalu mencantumkan posisi yang ingin di lamar pada kolom subjek email. Karena masih ada beberapa pelamar khususnya lulusan baru yang tidak mencantumkan subjek pada email sehingga HRD menjadi bingung maksud dari email yang di terimanya. Umumnya, perusahaan selalu meminta kepada pelamar untuk mencantumkan subjek pada posisi yang ingin di lamar. Formatnya bisa seperti ini ” Nama_Posisi yang Di Lamar” contohnya seperti “Edi_Audit Staff”.

Mengisi Bodi Email.

Mengisi bodi email memang wajib di lakukan oleh setiap pelamar tak terkecuali untuk lulusan baru. Hal ini bertujuan agar pihak rekruter dapat mengetahui maksud dari kirim lamaran pada email tersebut. Selain itu, mengisi bodi email juga membuat HRD memberi kesan baik bagi anda sebagai pelamar. Isi bodi email meliputi perkenalan diri, data diri, posisi yang ingin di lamar, alamat, eamil, hingga nomor telepon. Dan jangan lupa, beri kalimat penutup pada isi bodi emailnya.

Pastikan Email Yang Di Tuju Sesuai.

Tips lainnya ialah memastikan alamat email yang di tuju seusai atau tidak. Hal ini penting agar anda tidak salah kirim lamaran. Selain itu, agar email yang ansa kirim bisa di terima oleh orang yang tepat di perusahaan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai tips mengirim lamaran kerja melalui email ini di buat. Semoga ini bisa membantu pembaca khususnya bagi fresh graduate agar bisa mengirim email yang benar dan tepat.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik