Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 23 Apr 2022 23:56 WIB ·

Madu Yang Pahit atau Racun Yang Manis


instagram/@meliponariobaron
Perbesar

instagram/@meliponariobaron

Ada sebuah ungkapan yang sering kali dikatakan yaitu “Kamu adalah apa yang kamu makan”. Bukan berarti secara harfiah jika seseorang makan tomat maka hidungnya merah seperti tomat namun ungkapan tersebut menggambarkan bahwa apa yang anda makan akan melukiskan kesehatan tubuh anda. Ungkapan ini pun merupakan suatu teguran bagi anda sekalian bahwa setiap orang harus memperhatikan apa yang dimasukan kedalam tubuhnya masing-masing karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang kehidupanya. Sebagai informasi bahwa ungkapan ini pertama kali diambil dari film semi dokumenteri Amerika di tahun 1968 yang mencoba menangkap kehidupan essensial dari generasi hippie “Flower Power”. Ungkapan ini dapat digunakan untuk berbagai macam aspek seperti aspek kesehatan, aspek gaya hidup atau bahkan juga kepribadian setiap orang yang berbeda-beda. Adapun untuk karya tulis ini dapat diberikan ungkapan yang serupa yaitu hidup sehat adalah pilihan dan jika sehat adalah pilihan mu maka “Mulailah Hidup Sehat mu hari ini”.

Anda harus tahu bahwa setiap anda adalah keajaiban yang diciptakan Tuhan secara detail dan sempurna oleh sebab itu anda wajib menjaga tubuh anda dan memberikan nutrisi yang baik selama anda masih hidup dan berkarya. Tubuh anda terdiri dari 100 triliun sel yang merupakan hasil dari pembelahan sel tunggal. Ada 300 juta sel yang mati setiap menitnya namun tubuh kita memproduksi 300 miliar sel baru setiap hari dan tubuh pun akan terus-menerus memperbaiki dan membangun sel-sel yang rusak kembali. Pertanyaan dari pernyataan diatas adalah bagaimana anda dapat memproduksi 300 miliar sel baru setiap hari dan menggantikan 300 juta sel yang rusak jika anda tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap hari dengan tepat dan tidak berlebih. Apabila sel tubuh anda yang rusak tidak dapat tergantikan secara sempurna maka yang terancaam adalah kesehatan anda dalam jangka panjang.

Tiga ratus juta sel tubuh yang rusak setiap hari merupakan sel yang berada di seluruh tubuh yaitu sel mata, sel otak, sel jantung dan organ-organ vital lainnya, sebagai contoh yang terlihat yaitu sel folikel pembentuk rambut, tanpa anda sadari setiap hari rata-rata orang kehilangan hingga 100 helai rambut, tetapi karena rata-rata orang yang sehat setiap harinya akan membuat 125.000 helai rambut baru. Betapa pentingnya nutrisi bagi tubuh kita bukan hanya untuuk kesehatan tubuh yang tidak terlihat mata namun untuk yang terlihat secara fisik nutrisi pun mempengaruhi keindahan tubuh kita, nutrisi yang baik dapat terlihat pula dari penampakan rambut, kulit dan kuku yang sehat.

Alih-alih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh maka ada kesalahan persepsi yang seringkali ditimbulkan yaitu “Makan yang banyak supaya sehat” hal ini pun tidak dibenarkan karena makan makanan dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi, dan jika hal tersebut dilakukan terus menerus makan hal yang akan ditimbulkan pada yaitu “Obesitas” atau kegemukan. Obesitas sering dikaitkan dengan pola makan secara berlebihan atau mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi secara berkelanjutan dengan jumlah yang melebihi batas normal konsumsi perharinya. Kekurangan makan tidak baik bagi pemenuhan nutrisi tubah begitu juga makan makanan yang banyak atau kelebihan nutrisi pun tidak baik untuk kesehatan. Jadi jawabannya kembali kepada kita pribadi bahwa sehat itu adalah pilihan, maka jadilah bijak dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Setiap manusia mendambakan tubuh yang sehat dan umur yang panjang, “Apa Sehat itu?”. Mari kita cari tahu definisi sehat, Sehat menurut WHO (World Health Organization) merupakan suatu kondisi kehidupan yang kreatif dan produktif dari insan manusia. Adapun pengertian sehat dari WHO mempunyai tiga komponen pendukung yaitu “Sehat Jasmani” adalah sebuah komponen penting mengenai sosok manusia yang berpenampilan prima secara visual yaitu bertubuh fit, kulit bersih, mata bersinar, gigi sehat, mempunyai selera makan yang baik, dapat tidur nyenyak dan seluruh fungsi fisiologi pada tubuh berjalan normal. Komponen kedua yaitu “Sehat Mental” dapat dikatakan mempunyai jiwa yang sehat yaitu mempunyai respon positif terhadap lingkungan sekitar dengan berlaku sesuai dengan norma-norma masyarakat serta dengan sadar dapat mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku. Dan yang terakhir komponen “Sehat Spiritual” yaitu suatu komponen tambahan dimana individu tersebut dapat menikmati alunan musik, menerima siraman rohani dan menikmati liburan dengan bahagia.

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang seimbang setip harinya. Kebutuhan akan nutrisi utama untuk tubuh manusia meliputi beberapa macam yaitu:

Pertama, kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Tubuh dapat mengubah dula sederhana dan pati menjadi glukosa untuk dijadikan energi bagi sel tubuh, namun kelebihan karbohidrat akan menaikkan berat badan karena gula yang tidak terpakai akan diubahkan menjadi lemak tubuh. Menurut penelitian manusia dengan berat tubuh normal membutuhkan 1.500 kal/hari, 600 kalori/hari dari karbohidrat setara dengan 3 porsi normal nasi putih/hari.

Kedua, kebutuhan protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Berapakah kebutuhan protein normal setiap hari, tubuh kita membutuhkan 0,8 gr protein setiap 1 Kg berat tubuh, sebagai acuan 36-44 gram protein setara dengan 1-2 potong dada ayam. Jika mengkonsumsi protein berlebihan maka akan terjadi peningkatan asam urat, kolesterol, gangguan fungsi ginjal dan meningkatkan resiko kanker. Oleh sebab itu bijaklah dalam mengkonsumsi protein, Adapun protein dapat dari hewani seperti daging ayam, ikan, telur dan daging sapi namun dapat pula diganti dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tempe dan sayur hijau.

Ketiga, kebutuhan lemak sebagai penolong tubuh untuk penyerapan vitamin A, D, E, dan K dan pembentukan hormone di dalam tubuh. Berapa banyak lemak yang dibutuhkan dengan acuan kebutuhan energi untuk tubuh sebesar 1,500 kalori perhari maka 30% lemak setara dengan 450 kalori atau setara 3 sendok makan olive oil. Apa yang akan terjadi jika anda kelebihan lemak? Jawabannya sangat mengerikan yaitu meningkatkan resiko kanker, obesitas, penyakit kolestrol, dan sembelit.

Keempat, kebutuhan vitamin untuk sistem metabolism tubuh dan merawat sel tubuh. Vitamin A, D, E dan K dapat tersimpan dalam tubuh sebgai cadangan sedangkan kelebihan vitamin C dan B kompleks harus dikonsumsi setiap hari karena kelebihan akan dikeluarkan melalui urin. Vitamin banyak ditemukan dalam buah dan sayur seperti jeruk, bayam, tomat, apel, lemon dan kacang-kacangan. Jika kekurangan kebutuhan vitamin makan akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti anemia, penyakit mata, penuaan dini, kanker, batuk pilek, dan osteoporosis.

Kelima, kebutuhan mineral yang tidak kalah penting yaitu untuk pertumbuhan dan ppendukung proses metabolism dalam sel tubuh kita mulai dari pembentukan rambut, kulit, tulang dan sel darah. Mineral dapat meningkatkan fungsi saraf dan menjadi kofaktor enzim dalam proses metabolisme energi. Berapa banyak kebutuhan mineral tubuh per hari? Mineral dikelompokan menjadi 2 macam yaitu mineral mayor dan mineral minor untuk mineral mayor seperti kalsium, kalium, fosfor, sulfur dan magnesium dibutuhkan 100 mg per hari, sedangkan untuk mineral minor seperti zink, besi, mangan, temmbaga, boron, silicon, molybdenum, vanadium kromium, selenium dan iodin dibutuhkan kurang dari 150 mcg per hari.

Keenam, Kebutuhan akan serat tumbuhan atau sering kita kenal sebagai serat makanan (dietary fiber). Apakah yang dimaksud dengan serat makanan? Serat makanan adalah bagian dari makanan yang tidak dapat dipecah dalam tubuh yang berguna untuk fungsi sistem pencernaan agar lebih baik. Serat berguna untuk membantu penyerapan nutrisi dalam usus. Jika kekurangan serat makanan maka yang terganggu adalah sistem pencernaan seperti sembelit, ambeien, penyakit hati bahkan kanker usus besar.

Ketujuh, Kebutuhan yang paling vital yaitu air karena 65% berat tubuh manusia terbuat dari air dan dapat berkurang setiap saat melalui aktifitas seperti pencernaaan, pernafasan, keringat dan urin. Kekurangan asupan air dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan dan kerusakan pada banyak sel dan organ tubuh seperti otak, mata, darah dan saluran pencernaan. Berapa banyak kebutuhan air yang dianjurkan untuk menjaga asupan air pada tubuh, biasanya kita diajurkan untuk meminum air mineral sebnyak 8 gelas per hari atau setara dengan 2-3 liter.

Setelah kita mengetahui apa saja dan seberapa banyak kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tubuh, apakah anda merasa bersalah pada tubuh anda? Makanan sehat tidak selalu mahal namun makanan sehat selalu menjadi pilihan kedua jika ada makanan mahal. Pola hidup sehat tidak begitu sulit tapi yang sulit adalah mengalahkan gaya hidup anda dengan pola hidup sehat. Apakah gaya hidup? Gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang meliputi perilaku, kebiasaan, dan pola makan yang dapat diexpresikan melalui aktivitas, minat, dan opininya yang menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya. Pada tahun 1993, Michael J. McGinnis MD dan William Foege MD menyatakan dalam Journal of American Medical Association bahwa penyebab utama kematian di dunia khususnya Amerika adalah penyakit jantung, kanker dan stroke karena terjadinya perubahan pola makan karena gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat menyebakan kematian yang prematur di usia dini karena kurang berolahraga, kebiasaan tidur larut malam, kebiasaan bermain gadget, kebiasaan merokok, konsumsi makanan cepat saji, konsumsi alkohol, penggunaan narkoba dan perilaku seks yang tidak aman. Marilah kita menerapkan pola hidup sehat tanpa terpengaruh oleh gaya hidup yang merusak tubuh jika anda sayang tubuh anda dan sayang kepada orang-orang disekitar anda.

Asupan makanan pertama yang dikenal manusia adalah susu ibu. Definisi susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia. Salah satunya manusia. Back to nature adalah kata-kata yang selalu menyertai pola hidup sehat oleh sebab itu manusia butuh asupan susu setiap hari sebagai pelengkap nutrisi tubuh karena dalam susu terkandung lemak, protein, mineral dan vitamin yang berguna untuk pertumbuhan dan sistem metabolisme tubuh. Marilah kita mengkonsumsi susu setiap hari sebagai pelengkap nutrisi tubuh karena susu dapat menggantikan jenis makanan lain karena mempunyai kandungan nutrisi yang sama.

Akhirnya, Sehat itu adalah pilihan dan sakit itu adalah konsekuensi dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, oleh sebab itu “Mulailah hidup Sehat mu Hari ini” karena Sehat itu Anugerah Tuhan yang harus dijaga dan pelihara sampai tugas kita di bumi sebagai orang berguna berakhir dengan manis semanis susu di pagi hari.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Apridah Cameliawati Djohan

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan