Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 9 Nov 2022 12:00 WIB ·

Manfaat Bahan Aktif Retinol dalam Skincare


Img: Pexels/Radiance-Beauva Perbesar

Img: Pexels/Radiance-Beauva

Manfaat Bahan Aktif Retinol dalam Skincare –Serum retinol adalah produk perawatan kulit yang populer, terutama di kalangan wanita di atas usia 30 tahun. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa retinol merupakan bahan aktif yang secara luas dianggap sebagai standar emas dalam perawatan anti-penuaan.

Retinol adalah turunan sintetis dari vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang ditemukan dalam berbagai makanan termasuk wortel, telur, dan ubi jalar.

Menurut Dr. Tina Alster dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, ketika retinol kamu oleskan ke kulit, enzim khusus di kulit mengubahnya menjadi asam retinoat. Asam retinoat juga dapat kamu oleskan, tetapi jauh lebih sulit kamu gunakan daripada krim atau serum retinol karena tidak berubah secara alami seiring waktu.

Retinol memperlambat proses penuaan dengan mengubah perilaku sel-sel tua, membuatnya tampak lebih muda. Menurut Amanda von dem Hagen, ahli kecantikan berlisensi di Glo Skin Beauty, bahan-bahan ini menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit, membuat kulit lebih bercahaya, dan memerangi tanda-tanda penuaan.

Efek samping retinol

Karena retinol adalah bahan yang sangat kuat, dapat menyebabkan kulit kemerahan dan mengelupas jika kamu gunakan secara berlebihan. Pertama kali kamu menggunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit kamu, kamu mungkin mengalami kulit kering, pecah-pecah dan bahkan berjerawat. Namun, biasanya hanya butuh waktu singkat bagi kulit untuk menyesuaikan diri dengan bahan ini.

Tips pakai retinol

Von dem Hagen merekomendasikan secara bertahap memasukkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit malam hari kamu. Kamu bisa menggunakan serum retinol sekali atau dua kali per minggu untuk minggu pertama, lalu tingkatkan secara bertahap jika reaksi kulit masih aman. Jika ada kemerahan atau mengelupas, aplikasikan seminggu sekali selama sebulan, lalu dua kali seminggu. Sebelum meningkatkan penggunaan, periksa kulit untuk iritasi.

Manfaat bahan aktif retinol dalam skincare

Kulit tampak muda

Retinol dapat memperlambat proses penuaan kulit dengan menjaga fungsi epidermis sebagai pelindung tubuh, menjaga kelembapan kulit, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Keunggulan tersebut membuat kulit wajah tampak lebih muda.

Perbaiki tekstur kulit

Karena retinol memiliki molekul kecil, ia dapat menembus lapisan epidermis. Retinol memiliki efek pengelupasan pada lapisan tengah kulit sehingga bermanfaat untuk proses regenerasi kulit. Akibatnya, lapisan kulit baru dengan tekstur lebih lembut bisa terbentuk.

Mengurangi timbulnya jerawat

Agen komedolitik dalam retinol dapat membantu mencegah pembentukan komedo dan jerawat pada kulit. Selanjutnya, retinol dapat kamu gunakan untuk mencegah perkembangan jerawat dan memudarkan bekas jerawat.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan