Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 28 Jun 2024 21:36 WIB ·

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan


Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id)

Sayuran adalah makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis sayuran yang lezat dan sehat, salah satunya adalah kangkung. Kangkung adalah sayuran hijau yang mudah ditemukan di pasar dengan harga yang terjangkau, namun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Selama ini, kangkung sering di kenal sebagai sayuran yang bisa menyebabkan kantuk setelah di konsumsi. Padahal, kangkung kaya akan serat, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, senyawa antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan beserta penjelasannya.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Untuk Melawan Radikal Bebas

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Ilustrasi Radikal Bebas (img: hello sehat)

Kangkung mengandung berbagai senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, seperti flavonoid, asam palmitat, dan phytol. Tubuh memerlukan antioksidan ini untuk melawan radikal bebas yang sering menyebabkan kerusakan DNA, jaringan sel, hingga organ tubuh. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit serius, seperti diabetes dan kanker jika tidak ditangani.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id)

Kandungan vitamin A dan C pada kangkung bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta berperan dalam aktivasi sel darah putih yang melawan infeksi. Selain itu, aktivitas antioksidan dari vitamin A dan C juga melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah (img: Honest Docs)

Kandungan kalium dalam kangkung membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah, sehingga kangkung menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita hipertensi.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Ilustrasi Cairan Tubuh (img: kemenkes.ac.id)

Selain menurunkan tekanan darah, kalium juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Orang dewasa memerlukan setidaknya 3.500 – 4.700 mg kalium setiap hari. Kangkung bisa menjadi sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalium ini. Kangkung juga mengandung lebih dari 90% air, sehingga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Kesehatan Mata (img: national eye center)

Kangkung kaya akan beta karoten yang tinggi, yang baik untuk melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk menjaga kejernihan kornea mata dan sebagai komponen penting dalam pembentukan rhodopsin. Rhodopsin adalah protein mata yang membantu menjaga ketajaman penglihatan dalam kondisi cahaya rendah. Oleh karena itu, mengonsumsi kangkung baik untuk menjaga kesehatan mata.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Jenis Buah Ini Mengandung Vitamin E, Ada Mangga Hingga Alpukat

29 Juni 2024 - 16:55 WIB

Jenis Buah

Manfaat Daun Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

24 Juni 2024 - 19:22 WIB

Manfaat Jeruk Nipis

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon
Trending di Kesehatan