Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 20 Jul 2022 15:24 WIB ·

Tidak Hanya Lezat, Inilah Beberapa Manfaat Keju Bagi Kesehatan


Img: pexels/nastyasensei Perbesar

Img: pexels/nastyasensei

Keju tidak hanya terkenal karena kelezatannya, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Bahan makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari tulang hingga saluran pencernaan.

Keju adalah produk susu yang dapat dimakan sebagai makanan ringan atau dibuat menjadi berbagai makanan dan kue kering. Ini dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, selain rasanya yang enak. Beragamnya manfaat yang bisa diberikan keju tak lepas dari kandungan nutrisinya. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam keju adalah sebagai berikut:

  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zinc
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B12

Namun, banyak orang yang masih takut makan karena kandungan lemak dan garamnya yang tinggi. Padahal, jika dikonsumsi dengan benar, keju memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat keju untuk kesehatan, seperti dirangkum dari laman Alodokter:

Menjaga kesehatan tulang

Keju dan berbagai produk olahan susu, diketahui memiliki efek menguntungkan pada kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini disebabkan kandungan kalsium dan kandungan protein yang tinggi pada bahan makanan ini.

Keju juga mengandung protein, seng, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. kamu lebih mungkin untuk menghindari masalah tulang seperti osteoporosis jika kamu cukup mengkonsumsi nutrisi ini.

Menjaga kesehatan gigi

Selain tulang, kesehatan gigi anak akan mendapat manfaat dari konsumsi keju. Manfaatnya dikatakan dapat melindungi gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang pada anak. Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang makan makanan  ini memiliki risiko lebih rendah terkena gigi berlubang dibandingkan anak-anak yang tidak menyukai keju.

Menurunkan tekanan darah

Ini juga telah terbukti membantu mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi. Ini karena kandungan kalsium yang tinggi pada bahan makanan ini. Disarankan agar kamu mengonsumsi yang rendah lemak dan rendah garam seperti ricotta dan keju cottage untuk menuai manfaat tersebut.

Pencernaan Lebih Sehat 

Manfaat keju selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Keju mengandung bakteri probiotik karena diproses melalui fermentasi. Bakteri jenis ini diketahui bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, manfaat yang tercantum di atas dapat diperoleh. Berlebihan tidak diperbolehkan. Karena tubuh tidak dapat mencerna dengan baik kandungan laktosa dalam keju, makan terlalu banyak dapat menyebabkan sembelit atau bahkan diare.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan