Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 20 Agu 2022 12:00 WIB ·

Selain Jerawat, Ketahui Masalah Kulit yang Timbul Karena Hormon


Img: pexels-david-garrison Perbesar

Img: pexels-david-garrison

Hormon adalah zat kimia pembawa pesan yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Kelenjar pituitari menghasilkan hormon, yang dapat beredar ke seluruh tubuh dan menimbulkan berbagai efek di berbagai area. Tingkat hormon yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang seharusnya dapat menyebabkan masalah. Masalah-masalah ini dapat berkisar dari gangguan mood hingga masalah berat badan hingga masalah pencernaan hingga masalah kulit.

Dalam hal efek hormon pada kulit, menurut kamu, apa yang akan terjadi pada kulit ketika kita mengalami ketidakseimbangan hormon? Yuk, simak penjelasan beberapa masalah kulit berikut ini!

Jerawat di wajah

Bagi banyak orang, pubertas adalah pertama kalinya kulit mereka mengalami masalah akibat fluktuasi hormonal. Menurut Everyday Health, ada peningkatan estrogen dan testosteron selama masa pubertas. Reseptor kulit sangat sensitif terhadap testosteron, dan akibatnya, mereka menghasilkan banyak sebum, yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Masalah jerawat pada pria mungkin lebih buruk daripada wanita karena pria memproduksi lebih banyak testosteron. Pil KB hormonal dapat digunakan untuk mengobati jerawat hormonal pada wanita. Hal ini disebabkan oleh pengendalian kelahiran hormonal membuahi ovarium dan, sebagai akibatnya, mematikan produksi testosteron.

Lingkaran hitam di area mata

Lingkaran hitam di bawah mata sering dianggap disebabkan oleh kurang tidur atau kelelahan. Namun, jika masalah ini berlanjut untuk waktu yang lama, itu mungkin merupakan tanda ketidakseimbangan hormon.

Produksi kortisol meningkat ketika kamu stres, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism. Hal ini menyebabkan kurang tidur di malam hari dan kegelisahan terus-menerus. Lingkaran hitam di sekitar mata muncul sebagai akibat dari kelelahan kronis dan kurang tidur.

Kulit kering dan kusam

Menurut halaman Skin Kraft, ketika kamu memiliki ketidakseimbangan hormon, kulit kamu cenderung menjadi sangat kering. Ketika kadar estrogen turun, begitu juga produksi sebum, yang mengakibatkan kulit kering.

Selanjutnya, kulit kering bisa menjadi kasar dan bersisik. Kondisi ini menunjukkan kekurangan asam lemak esensial dan nutrisi lainnya. Selain itu juga bisa menjadi indikasi ketidakseimbangan hormon tiroid. Alasan untuk ini adalah bahwa hormon tiroid menghambat sirkulasi darah, sehingga mengakibatkannya menjadi kering.

Melasma

Selama kehamilan, banyak wanita mengalami melasma. Tapi mengapa ini terjadi? Melasma bisa muncul ketika ada ketidakseimbangan hormon yang parah di dalam tubuh, seperti saat hamil.

Ini terjadi ketika sel-sel penghasil melanin didorong untuk memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan, pigmen yang memberi warna gelap pada kulit, menurut CureSkin. Hiperpigmentasi adalah istilah medis untuk kondisi ini. Hiperpigmentasi pada wajah sering terjadi, tidak merata, dan terlihat. Hal ini sering berdampak pada kepercayaan diri.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan