Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 14 Mar 2023 18:00 WIB ·

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt


Img: Pexels-uğurcan-özmen Perbesar

Img: Pexels-uğurcan-özmen

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt —PT Taman Impian Jaya Ancol berhasil mengembangbiakkan lima bayi penguin Humboldt (spheniscus humboldti) di fasilitas konservasi yang dirancang meniru habitat alami mamalia tersebut.

Pengunjung bisa melihat lima bayi pinguin yang saat ini terawat oleh para animal keeper di wahana Penguin Palace.

Ini adalah salah satu dari 18 jenis penguin di dunia. Dan biasanya hidup di iklim tropis di pantai barat Amerika Selatan. Ini adalah penguin berukuran sedang. Dengan panjang tubuh 56-70 cm dan berat 2,9 hingga 6 kilogram, dengan masa hidup 15 hingga 20 tahun.

Penguin Humboldt mencapai usia dewasa pada usia tiga tahun, dan rata-rata mereka bertelur dua hingga tiga telur. Telur akan melalui proses pengeraman selama 41-43 hari. Setelah itu induk jantan dan betina akan bergantian mengasuh dan memberi makan anaknya.

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt

Img: dok. PT Taman Impian Jaya Ancol

Penguin Humboldt merupakan salah satu hewan yang keberadaannya saat ini terlindungi. Dan termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah oleh Union for Conservation of Nature, karena jumlah populasi di habitat aslinya semakin berkurang.

Penguin Humboldt memiliki kemampuan berlari secepat manusia dan berenang secepat ikan. Jarak berenang bisa mencapai 65 km/jam, sedangkan mencari makan bayi bisa mencapai 32 km/jam. Penguin Humboldt adalah hewan sosial yang hidup dalam koloni besar; komunikasi sangat penting untuk berbagi informasi dan menghindari predator.

Karena biogeografi pantai barat Amerika Selatan, spesies ini dapat bertahan hidup sangat dekat dengan khatulistiwa. Air suhu rendah dan produktif mengalir dari Antartika melalui Arus Humboldt (dinamai menurut nama penjelajah yang sama), yang mengalir ke seluruh wilayah spesies ini. Penguin Humboldt berkerabat dekat dengan penguin beriklim sedang lainnya tetapi tidak begitu dengan penguin Antartika.

Balai Konservasi Ancol sebelumnya telah berhasil membiakkan berbagai biota, antara lain lumba-lumba hidung botol, macaw, jalak bali, dan aneka ikan. Salah satu fungsi Balai Konservasi Taman Impian Jaya Ancol adalah melaksanakan program pemuliaan biota dengan tetap menjaga kemurnian spesiesnya.

Sesuai dengan konsep education and entertainment, Ancol berupaya memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menumbuhkan kecintaan terhadap laut serta mengenal dan mencintai berbagai jenis satwa.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

4 April 2023 - 18:01 WIB

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

20 Maret 2023 - 12:00 WIB

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik
Trending di Sains