Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 4 Apr 2023 18:01 WIB ·

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!


Img: Pexels/expect-best Perbesar

Img: Pexels/expect-best

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah! –-Monyet dan kera adalah dua primata yang sering membingungkan. Memang tidak jarang orang percaya bahwa Monyet adalah nama lain dari Kera. Meski sama-sama berbulu dan memiliki postur mirip manusia, kedua hewan ini ternyata tidak sama, lho!

Ada banyak perbedaan antara kedua primata ini, mulai dari klasifikasi hingga ciri fisik hingga tempat tinggalnya. Nah, ingin tahu apa perbedaan sebenarnya antara monyet dan kera? Yuk, simak beberapa perbedaan kera dan monyet berikut ini!

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

Secara ilmiah jenisnya berbeda

Kera dalam bahasa Inggris mengacu pada anggota keluarga Hominidae atau Hylobatidae. Sedangkan Monyet adalah hewan dari keluarga Callitrichidae atau Cebidae. Fakta menyenangkan bahwa manusia dan kera adalah anggota dari keluarga yang sama, Hominidae!

Menurut australian.museum, hanya ada 20 jenis monyet di dunia. Sedangkan menurut monkeyworlds.com, saat ini terdapat 260 spesies monyet. Alhasil, banyak orang awam yang percaya kalau bukan gorila, simpanse, orangutan, owa, atau siamang, pasti monyet!

Monyet mempunyai ekor, sementara kera tidak

Hampir semua monyet memiliki ekor, sedangkan kera tidak memilikinya. Satu-satunya jenis monyet yang tidak memiliki ekor adalah Barbary Macaque, yang hidup di hutan Aljazair dan Maroko.

Kera memiliki tangan lebih panjang

Kera tampaknya memiliki lengan yang lebih panjang daripada monyet, memungkinkan mereka berayun dan berayun di antara pohon dengan lebih mudah. Monyet tidak bisa berayun, tetapi mereka bisa berlari di antara dahan menggunakan tangan dan kaki untuk mencapai pohon lain. Monyet berjalan dengan dua kaki, layaknya mamalia lain, seperti anjing dan kucing, menggunakan kaki dan tangannya.

Volume otak kera lebih besar

Menurut britannica.com, kera memiliki volume otak yang lebih besar daripada monyet. Itu sebabnya perilaku dan tingkat kecerdasan mereka berbeda. Simpanse adalah salah satu hewan paling cerdas di planet ini. Mereka dapat menggunakan alat di sekitar mereka untuk membantu mereka mencari makanan.

Badan kera cenderung lebih besar daripada monyet

Kera seperti gorila, orangutan, dan simpanse dianggap primata karena tubuhnya lebih besar daripada monyet lain seperti tamarin, baboon, dan monyet pantai.

Perbedaan tempat tinggal

Sadarkah kamu bahwa monyet lebih mudah dilihat daripada monyet saat kamu pergi ke kebun binatang? Ini karena habitat alami monyet ada di pepohonan. Sedangkan kera lebih suka bergerak di tanah meskipun mereka bisa hidup di pohon.

 

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 342 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

20 Maret 2023 - 12:00 WIB

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt

14 Maret 2023 - 18:00 WIB

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt
Trending di Sains