Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 20 Mar 2023 12:00 WIB ·

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik


Img: pexels-алесь-усцінаў Perbesar

Img: pexels-алесь-усцінаў

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik –Jumlah oksigen di atmosfer tidak sebesar jumlah nitrogen. Namun, zat ini sangat penting bagi manusia. Setiap hari, kita menghirup oksigen dalam jumlah yang tak terhingga.

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

Pernahkah kamu memikirkan apa yang akan terjadi jika oksigen menghilang dari bumi hanya dalam waktu 5 detik? Apa saja ya yang akan terjadi? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Bumi menjadi gelap gulita

Sinar matahari yang sampai ke bumi merupakan hasil dari proses pemantulan dimana partikel cahaya memantul dari partikel udara. Debu, molekul oksigen, dan berbagai kotoran lain di udara adalah contohnya. Karena tidak ada oksigen, partikel yang dapat memantulkan sinar matahari lebih sedikit. Akibatnya, langit akan tampak gelap gulita seperti malam hari.

Kulit manusia akan terbakar

Kita tahu bahwa lapisan ozon mengandung sinar UV yang berbahaya bagi kulit jika terpapar secara berlebihan. Ozon akan mencegah sebagian sinar UV matahari mencapai troposfer.

Ternyata, lapisan ozon seluruhnya terdiri dari oksigen. Bayangkan tidak ada oksigen di atmosfer, sinar UV bebas menembus, dan kita bisa hidup seperti di dalam oven.

Telinga dalam bisa meledak

Kita akan kehilangan 21% tekanan udara kita dalam sekejap, setara dengan melompat dari ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Hal ini dapat menyebabkan barotrauma, atau luka terus-menerus pada gendang telinga akibat kegagalan menyamakan tekanan di telinga dengan lingkungan sekitar.

Ketika ada perubahan tekanan yang tiba-tiba, barotaruma terjadi. Misalnya, saat menyelam atau terbang, kita mungkin merasa telinga kita tersumbat. Kurangnya oksigen mempersiapkan kita untuk sesuatu yang serupa, tetapi dalam skala yang jauh lebih besar, dan dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang serius.

Bangunan akan hancur

Tanpa oksigen, beton akan kaku dan runtuh. Banyak bangunan, mulai dari rumah penduduk hingga gedung pencakar langit, akan hancur jika oksigen habis. Semua bangunan di Bumi akan hancur dalam waktu kurang dari 5 detik.

Hilangnya api

Api tidak bisa ada tanpa adanya oksigen. Yap, oksigen diperlukan untuk proses pembakaran. Karena tidak ada proses pembakaran, semua kendaraan bermotor akan berhenti total. Kendaraan darat akan bertabrakan satu sama lain. Kapal akan berhenti di tengah lautan. Hal terburuk adalah pesawat di udara yang langsung jatuh karena kerusakan mesin.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

4 April 2023 - 18:01 WIB

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt

14 Maret 2023 - 18:00 WIB

Menggemaskan! Ancol Sukses Kembangbiakkan 5 Bayi Pinguin Humboldt
Trending di Sains