Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 25 Apr 2022 23:30 WIB ·

Pentingnya Kesehatan Telinga dan Cara Merawatnya


Img: Pexels/Eren Li
Perbesar

Img: Pexels/Eren Li

Telinga merupakan salah satu indera yang menunjang kehidupan manusia. Dengannya, seseorang bisa menikmati indahnya suara di dunia. Namun, banyak orang yang belum peduli dengan kesehatan telinga dan cara merawatnya dengan baik.

Melansir dari Halodoc.com, cara kerja telinga ialah gelombang suara masuk ke dalam telinga melalui saluran telinga menuju gendang telinga, sehingga menghasilkan getaran pada gendang telinga yang menyebabkan cairan yang ada dalam telinga bergerak keluar. Cairan itu menstimulasi sensor untuk mengirim sinyal berupa suara pada sistem saraf. Saraf tersebut akan mengirimkannya pada otak, kemudian suara bisa terdengar.

Padahal merawat kebersihan dan kesehatan telinga harus dilakukan untuk meminimalisir gangguan yang datang, seperti infeksi, telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Benar

  1. Hindari mengorek telinga

Sering terjadi penumpukan kotoran telinga yang justru sebagian orang mengoreknya menggunakan cotton bud, penjepit kertas, atau jepit rambut. Waspadalah, kebiasaan ini malah akan melukai telinga dan mendorong kotoran masuk lebih dalam. Sebenarnya telinga memiliki cara alami dalam membersihkan kotorannya sendiri. Namun ketika terasa tidak nyaman dengan telinga kamu, lebih baik berkunjung ke dokter THT untuk memeriksa dan membersihkannya dengan penanganan yang tepat.

  1. Kurangi mendengar suara keras terlalu lama

Untuk menhindari gangguan pendengaran, hindari telinga dari suara yang keras dalam waktu yang lama. Karena, suara yang berisik dapat mempengaruhi kesehatan telinga, termasuk mengakibatkan gangguan pendengaran hingga berpotensi tuli. Ini juga berlaku bagi yang suka mendengarkan musik melalui earphone dalam jangka panjang. Setidaknya gunakan maksimal selama 1 jam saja.

  1. Pastikan telinga tetap kering

Kondisi telinga yang lembap meningkatkan potensi bakteri dan jamur berkembang dengan cepat dalam telinga. Hal ini menyebabkan iritasi dan infeksi pada telinga. Sebaiknya, gunakan penyumbat telinga ketika berenang atau berada di tempat berair. Gunakan handuk untuk mengeringkan telinga setelah mandi atau berenang.

  1. Rutin melakukan pemeriksaan

Selain kesehatan tubuh secara umum, lakukan juga pemeriksaan kesehatan telinga secara rutin. Sebab, semakin bertambah umur seseorang, maka semakin rentan terserang gangguan pendengaran. Melalui pemeriksaan oleh dokter, gejala penyakit telinga akan terdeteksi sejak awal, dan tindakan penanganan dapat dilakukan secepatnya.

Jika kamu peduli dengan pendengaran kamu, jagalah kesehatan telinga dengan merawatnya dengan cara-cara di atas. Jika kamu tidak memiliki gangguan pada telinga, kamu dapat melakukan pemeriksaan setiap 3-5 tahun. Yuk, jaga kesehatan telinga kamu!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Sleep Call Tidak Baik Bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya!

21 September 2023 - 10:42 WIB

Sleep Call

Manfaat Buah Mengkudu Yang Perlu Di Ketahui.

18 September 2023 - 10:53 WIB

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Yang Perlu Di Ketahui.

10 September 2023 - 22:35 WIB

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!

1 September 2023 - 13:47 WIB

Manfaat jus apel

Manfaat Konsumsi Ikan Lele Bagi Kesehatan

30 Agustus 2023 - 10:02 WIB

Manfaat Konsumsi Ikan Lele

Teh Serai Bermanfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

11 Agustus 2023 - 13:48 WIB

Minum Teh Serai
Trending di Kesehatan