Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Apr 2022 00:09 WIB ·

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini  


Img : pixabay Perbesar

Img : pixabay

Siapa sih yang tidak mengenal Pelawak veteran Djuhri Masdjan atau yang sering kita kenal dengan nama Jojon. Iya,Pelawak yang satu ini meninggal pada tanggal 6 Maret 2014 yang lalu, berusia 66 tahun. Pelawak tersebut meninggal diakibatkan serangan jantung di sebuah rumah sakit di Jakarta timur.

Seperti yang kita ketahui bersama, serangan jantung merupakan penyakit yang paling mematikan,pasalnya penyakit ini kerap mengambil korban jiwa,yang dimana tidak mengenal usia baik muda maupun tua. Menurut Riset dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan “ pada tahun 2020 hampir 10 juta orang meninggal dunia diakibatkan serangan jantung, yang dimana penyakit ini masih jauh lebih mematikan nomor 1 didunia daripada diakibatkan oleh penyakit lainnya termasuk virus covid-19 “. Wihh ngeri kali ya kan…..

  • Jenis- Jenis Penyakit Jantung 

Ternyata penyakit jantung tidak hanya 1 jenis saja loh, Ada beberapa jenis penyakit   jantung yang diderita oleh banyak orang , apa saja itu ? Mari kita simak : 

  1. Penyakit Jantung Bawaan 

Penyakit jantung bawaan adalah penyakit jantung yang diakibatkan oleh faktor turunan dari orangtua. Biasanya penderita penyakit ini sudah ada didalam dirinya sejak ia lahir. Penyakit jantung bawaan ini tidaklah bisa sembuh dengan sendirinya, bahkan rata-rata orang yang terkena penyakit ini memiliki harapan hidup tidak terlalu lama. 

  1. Penyakit Jantung Koroner

Dilansir dari P2PTM Kemenkes RI, “ Jantung Koroner adalah gangguan fungsi jantung akibat otot jantung kekurangan darah karena penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat kerusakan lapisan dinding pembuluh darah (Aterosklerosis).” Yang dapat membatasi bahkan menghentikan aliran darah ke jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung secara mendadak. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan,dimana penderita tidak dapat sembuh dari penyakit ini dan dapat bertahan selama seumur hidup,bahkan ironisnya tidak dapat disembuhkan yang dapat berakibat fatal dan kematian. 

  1. Gagal Jantung 

Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah dan oksigen secara baik ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan. Ada beberapa gejala yang diakibatkan oleh gagal jantung yaitu 

  • Jantung berdebar secara cepat dari biasanya 
  • Mudah lelah dan kecapean saat melakukan aktivitas tertentu seperti olahraga,dll
  • Batuk yang tidak terkendali di malam hari
  • Nafsu makan berkurang drastis
  • Sering merasakan sesak saat bernafas 

Penderita penyakit ini biasanya disebabkan karena mengidap penyakit jantung coroner yang menyumbat pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah dan oksigen tidak berjalan lancar. Yang kedua sering disebabkan oleh orang yang mengidap penyakit Hipertensi (darah tinggi),dimana sistem kerja jantung memompa darah secara cepat tanpa terkendali yang lama kelamaan jantung akan berhenti berdetak dan kemampuan jantung memompa darah akan terganggu. 

  • Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini 

Selagi kita masih remaja atau masih muda hendaklah kita harus menjaga kesehatan jantung kita agar terhindar dari penyakit jantung. Untuk itu ada beberapa tips atau cara  pencegahan atau penjagaan kesehatan jantung kita yaitu : 

1. Menghindari Makanan yang Berlemak (Berminyak )

 Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan ? Apalagi waktu ikut mama kita pergi ke Pasar pasti kita minta dibelikkan gorengan  kan, atau  saat puasa pasti banyak tuh yang jualan gorengan untuk berbuka pasti kita langsung membelinya kan hehehe….. Emang sih gorengan seenak itu apalagi kalau goreng pisang dan ubi uihh mantap tuh. Tapi tahukah kamu bahwa mengonsumsi banyak gorengan dapat memicu beragam penyakit loh… salah satunya yaitu Jantung. Lah,kok bisa ? Bisa dong. Karena lemak yang terkandung pada gorengan merupakan lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan kadar kolestrol darah kita. Semakin banyak kadar kolestrol darah maka dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akan menghambat peredaran darah ke seluruh organ tubuh, apalagi kita tidak tahu minyak apa yang digunakan dan berapa kali minyak tersebut digunakan untuk penggorengan yang dapat memicu naiknya kolestrol darah.

Berarti tidak boleh makan gorengan sama sekali dong ? Ya boleh lah, masa nggak . Kita boleh kok mengonsumsi gorengan namun dengan catatan tidak boleh lebih dari 6 gorengan yang dikonsumsi dalam sehari. Jadi kalau mau makan gorengan ya monggo tapi ingat jangan lebih dari 6 gorengan supaya kita dapat terhindar dari penyakit jantung.

  1. Hindari Rokok dan Asap Rokok

Sumber gambar : .pixabay.com

Orang merokok ditempat umum bukanlah hal yang tabu bahkan sering kita lihat . Kita sering melihat orang-orang merokok ditempat umum yang bahkan bukan hanya orang tua saja tapi anak dibawah umur pun sekarang sudah pada merokok. Apalagi sekarang ini banyak anak dibawah umur atau katakanlah anak remaja yang merokok karena mereka akan dianggap kerenlah, lebih dewasalah kalau merokok,lantas apakah benar demikian ? Jawabannya adalah Tidak, justru dengan merokok kamu akan terkena berbagai penyakit yang salah satunya adalah jantung. Tidak percaya ? ayo kita simak penjelasan berikut ini : 

Dikutip dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa “ sebanyak 1,9 juta orang meninggal akibat penyakit jantung yang dipicu oleh tembakau (rokok)”. Dengan kamu merokok maka kamu dengan sengaja memasukkan zat-zat yang berbahaya seperti Karbon monoksida yang dapat mengganggu proses peredaran oksigen ke jantung . Selain karbon monoksida terdapat juga zat Nikotin yang akan membuat jantung memompa lebih kencang dari normalnya dan akan menyebabkan darah menjadi kental. 

 

Dilansir dari Halodoc.com “ merokok dapat merusak lapisan arteri, menyebabkan dinding arteri menebal, dan terhambatnya aliran darah di sepanjang arteri, karena adanya penumpukan lemak serta plak.Penumpukan lemak dalam arteri ini disebut dengan atherosclerosis. Arteri yang mengalami penyempitan akan membuat berkurangnya pasokan darah ke dalam jantung. Nah, penyempitan ini akan sangat membahayakan bagi seseorang yang menjalani aktivitas fisik, karena jantung akan dipaksa untuk bekerja memompa darah. Situasi ini bisa menyebabkan nyeri dada, termasuk juga serangan jantung “. 

 

Maka untuk itu kita diharapkan untuk berhenti merokok demi kesehatan bersama , bayangkan hanya karena kamu merokok ,orang lain akan menghirup asap rokok tersebut (Perokok pasif) yang akan membuat kesehatannya terganggu hanya karena ulah kamu , mereka yang terkena asap rokok tersebut mengalami penyakit akut tersebut, apakah kamu tidak merasa bersalah ? secara tidak langsung kamu telah membunuh orang disekitar kamu secara perlahan dengan rokokmu itu ,apalagi jika ada bayi disekitarmu bayi itu akan menghirup asapnya yang akan membuat pernafasan dan jantung nya bermasalah , apakah kamu tidak merasa bersalah dan berdosa ? Oleh untuk itu selagi kita hidup bermanfaat lah bagi oranglain walau sekecil apapun itu, kita tidak tahu manfaatnya akan lebih besar bagi kehidupan orang lain . Mari sama- sama kita berhenti merokok demi kenyamanan bersama . 

 

  1. Tidak Duduk dan Rebahan Terlalu Lama 

 

Sumber gambar :  publicdomainvectors.org

 

Dilansir dari Hellosehat.com  mengatakan bahwa “duduk terlalu lama, dapat menyebabkan  lemak tidak akan diubah jadi energi. Akibatnya, lemak disimpan dalam darah dan lama-kelamaan menumpuk dalam tubuh. Hal ini akan membuat aliran darah menjadi terhambat dan akhirnya meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit jantung “. Jadi,kalau kita sebagai  pelajar dan pekerja di kantor yang duduk selama berjam-jam bagaimana cara mengatasinya ? Menurut saya kita dapat mengatasinya ,contoh kalau kita sebagai pelajar usahakan memanfaatkan jam  istirahat untuk melakukan gerakan sederhana seperti berjalan-jalan ataupun bermain sepak bola atau olahraga ringan lain yang akan membuat tubuh bergerak sekitar 10-15 menit cukuplah. Lalu bagaimana bagi pekerja perkantoran, apakah bisa ? Bisa kok dengan cara setidaknya saat pekerjaan tidak terlalu banyak, usahakan berjalan-jalan sebentar disela waktu kita bekreja dikantor sekitar 20 menitan dan memandanglah ke arah taman atau keluar kantor untu merilekskan diri supaya selain pikiran fresh juga dapat membuat jantung lebih sehat . Dan juga perlu diingat bagi kamu yang terlalu sering rebahan segera untuk berhenti ,karena dengan kamu rebahan kamu dapat membuat lemak trans menggumpal dan dapat menghentikan aliran pompa darah dan oksigen ke jantung . Lalu  bagaimana  cara mengatasinya ? Dengan cara membantu ibu melakukan pekerjaan rumah , ambil saja contoh sederhana nya yaitu Mengepel atau menyapu lantai ,atau mencuci piring yang penting tubuh bergerak agar lemak yang ada dalam tubuh dapat diubah menjadi energi yang akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung .  Begitu tips dari saya semoga dapat dilaksanakan agar dapat menjaga kesehatan jantung kita. 

 

  1. Tidur Yang Cukup dan Hindari Begadang 

Sumber gambar : pixabay.com

Siapa yang tahu hal sepele seperti begadang dapat memicu penyakit jantung ? Kita sering melihat oranglain atau kita sendiri mungkin pernah begadang dengan alasan tertentu seperti adanya pekerjaaan yang menumpuk ataupun karena ingin menonton sepak bola iyakan ? lantas kenapa begadang dapat memicu penyakit jantung ?

Kita dianjurkan tidur selama 7-8 jam sehari, dengan kita mengurangi jam tidur atau tidak tidur sama sekali maka akan mengakibatkan atherosclerosis atau pengerasan pembuluh darah yang akan menghambat peredaran darah ke jantung, hal inilah yang akan menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba. Maka dari itu usahakan untuk tidur cukup sekitar 7-8 jam sehari. Oleh karena itu mari untuk tidak begadang selagi hal tersebut tidak terlalu penting maka jaga kualitas tidurmu agar aku, kamu , dan kita dapat memperoleh kesehatan dan panjang umur . 

  1. Rutin Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Sumber gambar : piqsels.com

Kita semua pasti sudah pahamlah ya kalau ingin hidup menjadi sehat pasti mengonsumsi makanan yang sehat, makanan apa saja kah yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung sejak dini , berikut saya lampirkan : 

  1. Buah Alpukat 

Buah Alpukat dapat mencegah kita dari penyakit jantung . Kenapa tidak, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baikdapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi agar tidak terjadi penyumbatan pada arteri yang dapat menghentikan aliran darah ke jantung. 

  1. Tahu 

Makanan yang satu ini kerap menjadi menu andalan dirumah saat tanggal tua , kenapa tidak selain harga nya yang murah juga memiliki khasiat yang baik loh untuk tubuh khususnya organ jantung.Kandungan protein tinggi yang rendah lemak dapat mengurangi kadar kolestrol yang dapat memicu penyakit jantung.

  1. Sayuran Berdaun Hijau 

Ada banyak jenis sayuran yang berwarna hijau seperti Sayur bayam, kangkung dan lain,lain . Sayuran berdaun hijau yang tinggi akan  kandungan vitamin E, vitamin C, kalsium, kalium, folat dan nutrisi  akan membuat jantung kamu terawat dan terhindar dari risiko sakit jantung.

  1. Tomat 

Sayuran yang satu ini menjadi salah satu sarana untuk menjaga jantung tetap sehat, kandungan kalium yang ada pada tomat mengandung senyawa antioksidan bernama likopen, yang membantu untuk menghilangkan lemak jahat, yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah ke jantung.

Demikianlah artikel yang dapat saya buat,semoga dapat membantu saudara-saudara dalam mengatasi permasalahan kesehatan terutama jantung , ingat jaga kesehatan diri anda dengan makan makanan yang sehat dan teratur, rajin berolahraga menghundari makanan yang buruk bagi jantung. Jaga kesehatan diri dengan baik agar kita dapat menikmati hidup hingga tua nanti dan sayangi anggota keluarga anda yang dimulai dengan diri sendiri . Tetap semangat dan terimakasih 

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Harapan Yoel Simaremare 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan