Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 13 Sep 2022 18:00 WIB ·

Inilah Penyakit yang Menyerang Jika Melewatkan Sarapan


Img: pexels-picjumbocom Perbesar

Img: pexels-picjumbocom

Saat pertama kali bangun, kadar gula darah kamu biasanya rendah. Padahal, gula darah diperlukan agar otot dan otak berfungsi dengan baik. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu mengembalikan kadar gula darah tubuh. Kamu mungkin merasa lelah jika tidak sarapan. Selain itu, beberapa penelitian menemukan peningkatan risiko penyakit tertentu pada orang yang sering melewatkan sarapan. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa mengintai jika kamu sering melewatkan sarapan:

Tekanan darah tinggi dan stroke

Orang yang melewatkan sarapan lebih mungkin mengembangkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, orang yang sering melewatkan sarapan berisiko tiga kali lebih besar terkena stroke daripada mereka yang selalu mengkonsumsinya.

Diabetes 2

Jika kamu tidak menjalani gaya hidup sehat, kamu lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Salah satunya sering melewatkan sarapan. Kurang sarapan dapat mengganggu kemampuan sel tubuh untuk merespon insulin (resistensi insulin), yang mengakibatkan diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Obesitas

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, melewatkan sarapan bukanlah cara yang tepat. Kamu harus tahu bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko obesitas.

Ketika kamu tidak sarapan, kamu akan cenderung makan lebih banyak sepanjang hari dan akan tergoda untuk makan camilan tinggi lemak dan tinggi gula untuk mengisi perut kamu. Kebiasaan inilah yang pada gilirannya menyebabkan berat badan naik.

Penyumbatan pembuluh arteri

Menurut sebuah penelitian, orang yang tidak sarapan lebih mungkin mengembangkan penyumbatan arteri jantung atau aterosklerosis daripada mereka yang melakukannya.

Timbunan lemak, kalsium, dan peradangan di arteri menyebabkan kondisi ini. Penyumbatan dapat menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit. Akibatnya, kamu lebih rentan terkena serangan jantung dan stroke.

Selain penyakit-penyakit tersebut di atas, sering lupa sarapan juga berdampak buruk bagi anak. Sarapan memberi anak nutrisi dan energi yang mereka butuhkan untuk beraktivitas dan belajar.

Jika anak kamu tidak sarapan, ia akan sulit berkonsentrasi, akan lebih cepat lelah, dan menjadi mudah marah. Akibatnya, proses belajar di sekolah bisa terganggu.

Sarapan memang penting, begitu juga dengan menu sarapan yang kamu pilih. Pilih makanan yang kaya karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Pilihan sarapan termasuk telur, oatmeal, kacang-kacangan, yogurt, dan buah-buahan.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan