Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 6 Nov 2022 09:00 WIB ·

Penyebab Habisnya Kandungan Air di Bumi, Yuk Hindari!


img: pexels/Mark Neal Perbesar

img: pexels/Mark Neal

Keberadaan air menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi bumi dan makhluk hidup di dalamnya. Tentunya akan sangat mengerikan jika membayangkan bumi yang kita tempati ini kehilangan kandungan airnya. Meski terdengar mustahil, namun beberapa hal berikut ini ternyata bisa menjadi penyebab habisnya kandungan air di bumi, lho!

Yuk, simak artikel berikut sampai akhir agar bisa menghindari penyebabnya!

1. Pemanasan global

Global warming atau pemanasan global saat ini memang menjadi isu hangat yang selalu dibicarakan. Apalagi dengan segala aktivitas manusia yang pada akhirnya dapat menyebabkan perubahan iklim dan menyebabkan pemanasan global ini.

Melansir dari National Geographic, pemanasan global tak hanya dapat meningkatkan suhu global. Namun, juga bisa membuat kandungan air jadi terevaporasi di udara dalam jumlah yang besar. Hal inilah yang dapat menyebabkan kekeringan jika terus menerus terjadi.

2. Minimnya daerah resapan air

Daerah resapan air merupakan salah satu hal penting dalam menjaga keseimbangan air. Hal ini karena air tanah dapat menjadi sumber mata air selanjutnya di bumi.

Mengutip dari U.S Geological Survey, keberadaan jalanan aspal ternyata membuat simpanan air di tanah jadi tersimpan dan tidak bisa keluar. Alhasil, air pun jadi terus terbuang dan tak ada mata air baru yang bisa menggantikannya.

3. Curah hujan yang rendah

Hujan dapat memberikan cadangan air yang cukup di bumi. Ternyata, hujan bisa memiliki curah yang rendah, lho! Hal ini karena tekanan dan suhu tertentu dalam suatu wilayah. Melansir dari Britannica, jika curah hujan terus menerus rendah, maka dampaknya akan menyebabkan kekeringan.

4. Penggunaan air secara berlebihan

Segala hal yang berlebihan memang akan membawa dampak yang buruk. Sama halnya dengan penggunaan air secara berlebihan.

Melansir dari WWF, kekeringan juga bia terjadi jika penggunaan air dilakukan secara berlebihan tanpa pertimbangan, lho! Dampaknya, akan banyak air yang tak layak konsumsi, sehingga lama kelamaan manusia akan mengalami krisis air akibat hal tersebut.

Demikian beberapa penyebab habisnya kandungan air di bumi. Ternyata ada banyak penyebab bumi yang kita tempati ini bisa saja kehilangan kadar airnya. Untuk itu, alih-alih menggunakan secara boros, kita semua perlu mulai bijak dalam menggunakan air. Jaga lingkungan dengan baik, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

4 April 2023 - 18:01 WIB

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

20 Maret 2023 - 12:00 WIB

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik
Trending di Sains