Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 19 Mei 2022 15:00 WIB ·

Perbedaan Emoji dan Emoticon: Jangan Tertukar lagi!


Img: emoticon.id Perbesar

Img: emoticon.id

Dalam kegiatan komunikasi sehari-hari khususnya pada komunikasi dengan pesan teks, kita kerap kali menggunakan emoji dan emotikon. Kendati begitu, nyatanya masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan akan keduanya. Banyak orang yang masih mengira keduanya adalah dua istilah yang merujuk pada 1 hal yang sama. Padahal, keduanya sangat berbeda, lho. Selain perbedaan bentuk, emoji dan emoticon juga memiliki arti yang jauh berbeda. Nah, simak penjelasan mengenai perbedaan emoji dan emoticon berikut supaya tidak tertukar lagi penyebutannya!

 

Emoji

Emoji ini adalah gambar yang berfungsi untuk menggambarkan ekspresi seseorang secara tidak langsung. Tidak hanya ekspresi, emoji juga bisa digunakan untuk menggambarkan buah, hewan, kendaraan, tanda, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses atau menggunakan emoji, kalian bisa dengan mudah mendapatkannya di keyboard ponsel kalian, lho. 

Penggunaan emoji di tiap perusahaan memiliki variasinya sendiri. Sebagai contoh, emoji yang dimiliki WhatsApp akan memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan emoji pada Twitter begitu pun sebaliknya. Tidak hanya pada WhatsApp dan Twitter, hal itu juga berlaku di perusahaan atau aplikasi-aplikasi lainnya. Yang paling mudah ditemukan perbedaan variasi ini adalah emoji yang ada pada Android dan IOS.

 

Emoticon

Berbeda seperti emoji yang berupa gambar, emotikon memiliki bentuk berupa kombinasi tanda baca. Emotikon merupakan tulisan tipografi yang menggambarkan atau melukiskan ekspresi wajah baik tersenyum, sedih, menangis, tertawa, dan lain sebagainya. Dalam penggunaan emotikon ini, pengguna harus menggunakan suatu kombinasi tanda baca. Contoh emotikon yang dapat kita buat adalah sebagai berikut.

  1. 🙂
  2. :^)
  3. ^_^
  4. :,-)
  5. 😎
  6. :-D, dan lain sebagainya

 

Jadi, dari pemaparan tersebut ada satu simpulan penting. Secara sederhana emoji adalah gambar yang kita kenal saat ini dan sering kita gunakan saat mengirim pesan. Sementara itu, emotikon adalah bentuk upaya pengekspresian diri menggunakan kombinasi tanda baca. Penggunaan emotikon sendiri untuk saat ini tidak semasif penggunaan emoji. Mungkin hanya tersisa beberapa emotikon yang masih sering digunakan oleh para pengguna.

Nah, itulah penjelasan terkait perbedaan emoji dan emoticon. Sampai di sini apakah kalian sudah berhasil menangkap perbedaan antara emoji dan emotikon? Jika sudah, yuk, mulai sekarang sebut emoji sebagai emoji dan sebut emotikon sebagai emotikon. Penamaan keduanya pastinya memiliki sejarah masing-masing dan penyebutan nama yang benar akan sangat menghargai sejarah tersebut, lho!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 885 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Unik Seputar Jurusan

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern
Trending di Fun Facts