Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 11 Jun 2024 21:05 WIB ·

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi


Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id)

Di ketahui bahwa tidak hanya buah-buahan, tetapi juga terdapat sayuran yang kaya vitamin C dan baik untuk di konsumsi. Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai makanan, seperti salad sayur yang menggunakan sayuran tinggi vitamin C. Bagi Anda yang belum mengetahui rekomendasi sayuran apa saja yang kaya akan vitamin C, simak artikel ini hingga selesai.

Manfaat Vitamin C

Sebelum membahas jenis-jenis sayuran tinggi vitamin C, ada baiknya Anda memahami beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C dikenal baik untuk kesehatan kulit, tetapi manfaatnya tidak terbatas pada itu. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki kadar leukosit, sehingga membantu melawan flu dan infeksi lainnya. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk kesehatan mata dengan menjaga ketajaman penglihatan dan mengurangi risiko katarak.

Rekomendasi Sayuran Tinggi Vitamin C

Secara umum, vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan, namun ada juga sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Berikut beberapa jenis sayuran yang kaya vitamin C:

  • Kangkung
Rekomendasi Sayuran

Ilustrasi Kangkung (img: umsu.ac.id)

Setiap 100 gram kangkung mengandung sekitar 32 miligram vitamin C. Selain itu, kangkung juga kaya akan zat besi, vitamin A, dan gizi lainnya.

  • Bayam
Rekomendasi Sayuran

Ilustrasi Bayam (img: kecmijen.semarangkota.go.id)

Bayam mengandung 52 miligram vitamin C per 100 gram. Bayam juga mengandung vitamin K, fosfor, serat, dan tiamin. Jangan memasak bayam terlalu lama agar gizinya tidak berkurang.

  • Cabai

Ilustrasi Cabai (img: alodokter)

Cabai rawit mengandung 70 miligram vitamin C per 100 gram, sementara cabai merah mengandung 150-200 miligram vitamin C per 100 gram. Cabai juga kaya vitamin A dan nutrisi lainnya.

  • Paprika

Ilustrasi Paprika (img: halodoc)

Paprika merah mengandung 190 mg vitamin C per 100 gram, paprika kuning 183,5 mg, dan paprika hijau 0,06 mg. Selain vitamin C, paprika juga mengandung kalsium, vitamin A, fosfor, magnesium, dan kalium.

  • Sawi

Ilustrasi Sawi (img: pixabay.com)

Satu porsi sawi seberat 240 gram mengandung 195 miligram vitamin C, cukup untuk memenuhi kebutuhan harian orang dewasa. Sawi sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan gizinya tidak hilang.

  • Brokoli

Ilustrasi Brokoli (img: rasa.my)

Dalam 120 gram brokoli terdapat 51 miligram vitamin C, memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian orang dewasa. Brokoli juga rendah kalori dan dapat menurunkan risiko kanker dengan menekan protein C-reaktif.

Itulah beberapa sayuran tinggi vitamin C yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras
Trending di Kesehatan