Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 23 Jan 2023 18:00 WIB ·

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Setelah Begadang


Img: Pexels/julian-jagtenberg Perbesar

Img: Pexels/julian-jagtenberg

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Setelah Begadang —Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 8 jam sehari agar tubuhnya dapat berfungsi secara optimal. Kebutuhan tidur bervariasi pada setiap individu, tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan kondisi medis. Saat kamu bangun, hari kamu akan lebih sulit, dan suasana hati kamu akan lebih buruk. Ini dapat meningkatkan fungsi tubulus, terutama otak, membuat kamu lebih percaya diri dan produktif. Untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah lama tidak beraktivitas, kamu bisa mencoba berbagai cara, mulai dari minum kopi hingga berolahraga.

Tips agar Tubuh Tetap Fit setelah Begadang

Menurut penelitian, orang yang begadang semalaman tampil hampir identik dengan orang yang mabuk akibat minuman beralkohol.

Jika kamu harus begadang, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tetap bugar di pagi hari:

Konsumsi minuman berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, bisa membantu kamu mengatasi rasa kantuk akibat begadang. Kafein diketahui dapat melawan zat alami tubuh penyebab kantuk dan membuat tubuh lebih bugar.

Namun, hindari konsumsi kafein berlebihan dan patuhi dosis harian yang dapat diterima tubuh. Konsumsi kafein yang dianggap wajar adalah sekitar 400 miligram per hari, atau setara dengan empat cangkir kopi seduh.

Manfaatkan perangkat elektronik

Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti laptop, tablet, ponsel, dan televisi dapat menunda pelepasan melatonin, hormon penyebab tidur. Bermainlah dengan perangkat elektronik kamu agar tubuh kamu tetap terjaga setelah larut malam.

Ketika aktivitas harian kamu berakhir, gunakan waktu tersebut untuk tidur. Jika keesokan harinya adalah hari libur, kamu dapat mematikan alarm dan kembali tidur hingga terbangun secara alami. Ini dapat membuat tubuh kamu kembali normal.

Mandi air dingin

Udara hangat memang bisa membuat tidur lebih nyenyak, namun juga berpotensi menimbulkan rasa kantuk. Alhasil, mandi atau mencuci muka dengan air dingin bisa membantu kamu mengatasi rasa kantuk akibat begadang.

Suhu dingin dapat merangsang aktivitas saraf dalam tubuh sehingga mengurangi rasa kantuk.

Manfaatkan waktu tidur siang

Biarkan selama 15-20 menit tidur siang selama istirahat. Namun, hindari tidur siang yang lama karena akan membuat kamu pusing.

Selain itu, tidur siang dengan durasi yang cukup dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Hindari tidur siang setelah jam 3 sore, karena dapat mengganggu tidur malam kamu.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Tips Menggunakan Whatsapp Web di Handphone Android

23 April 2024 - 21:42 WIB

Tips Menggunakan Whatsapp Web

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas
Trending di Tips dan Trik