Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Uncategorized · 25 Sep 2022 13:06 WIB ·

Tips Mengelola Keuangan agar Siap Pensiun di Usia Muda


pixabay.com/ernestoeslava Perbesar

pixabay.com/ernestoeslava

Pensiun di usia muda memang menjadi impian bagi banyak orang. Namun, banyak juga orang yang khawatir dengan nasib keuangannya di masa mendatang. Nah, untuk itu, diperlukan tips mengelola keuangan agar siap pensiun di usia muda.

Yuk, simak ulasannya lebih detail di bawah ini!

Menghitung Biaya Hidup Tahunan di Masa Depan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung estimasi biaya hidup tahunan di masa depan.

Mari kita ambil sebuah kasus, misal saat ini kamu berusia 27 tahun, sudah menikah dan telah memiliki satu orang anak yang baru lahir. Kamu memiliki cita-cita untuk berhenti bekerja dan menikmati hidup di usia 40 tahun hingga tiba saatnya dia tutup usia.

Dengan pengeluaran bulanan sebesar Rp10 juta per bulan, maka berapa dana yang harus kamu miliki di usia 40 tahun agar bisa pensiun dini?

Saat kamu menginjak usia 40 tahun nanti, anakmu akan berusia 13 tahun. Biaya hidupmu di usia tersebut tentu saja akan meningkat lantaran kamu masih harus membiayai hidup dan pendidikan anak.

Nah, kamu perlu mencari tahu estimasi pengeluaran di usia 40 dengan asumsi kenaikan jumlah pengeluaran sebesar 200 persen dari pengeluaran saat ini. Jika asumsi inflasi di Indonesia adalah 4 persen per tahun, maka berikut adalah estimasi pengeluaranmu di usia 40 tahun.

Contoh perhitungan:

  • Estimasi pengeluaran bulananmu di usia 40 tahun: Rp10 juta x 200 persen = Rp20 juta.
  • Pengeluaran bulanan dalam setahun: Rp20 juta x 12 = Rp240 juta.

Lalu, anggap saja, pengeluaran sebesar Rp240 juta hanya akan bertahan selama 10 tahun karena anakmu lulus kuliah di tahun tersebut (pada usia 23 tahun), maka estimasi pengeluaranmu di usia 40 hingga 50 tahun akan mencapai:

  • Rp240 juta x 10 tahun = Rp2,4 miliar

Nah, dengan menghitung estimasi pengeluaran bulanan seperti itu, kamu dapat mempersiapkan jumlah tabungan yang harus kamu miliki sebelum pensiun.

Bekerja Lebih Keras untuk Mendapatkan Jumlah Tabungan Sesuai Target

Setelah menghitung estimasi kebutuhanmu dalam satu tahun, langkah selanjutnya kamu perlu mempersiapkan dana pensiunmu. Untuk itu, kamu perlu bekerja lebih keras agaar bisa mencapai target tabunganmu dan kamu pun dapat menikmati pensiun di usia sesuai target.

Misalnya, jika kamu ingin pensiun di usia 40 tahun dan sekarang usiamu 27 tahun, kamu hanya memiliki selama 13 tahun untuk mencapai target tabungan pensiunmu. Padahal, target tabungan pensiunmu adalah Rp2,4 miliar.

Untuk mencapai target ini tentu tidak mudah. Kamu perlu bekerja lebih keras untuk dapat mencapainya.

Itu dia beberapa tips mengelola keuangan agar siap pensiun di usia muda. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Termasuk Cegah Ketombe

12 Februari 2024 - 22:24 WIB

Manfaat Lidah Buaya

Ucapan Isra Miraj 2024 Yang Cocok Anda Bagikan Di Media Sosial

7 Februari 2024 - 21:21 WIB

Isra Miraj 2024

Kendala Yang Sering Dialami Mahasiswa dan Solusinya

5 Februari 2024 - 15:34 WIB

Manfaat Iklan Dari Sisi Pendidikan dan Bisnis

29 Januari 2024 - 16:01 WIB

Manfaat Iklan

Kampus Swasta Terbaik Surabaya versi UniRank, Referensi 2024

14 Januari 2024 - 20:11 WIB

Trending di Uncategorized