Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 20 Sep 2022 12:08 WIB ·

Mengenal Milia, Bintik Putih Pada Wajah, dan Cara Menguranginya


Img: Pexels/Kindel Media Perbesar

Img: Pexels/Kindel Media

Meski sering terjadi, tidak semua orang menyadari penyebab munculnya bintik-bintik putih kecil di wajah yang bisa berdampak buruk pada penampilan dan kecantikan seseorang. Bintik-bintik ini biasanya muncul di bawah mata, di pipi atas, dan di dagu. Milia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak. Tidak perlu khawatir karena milia bisa diobati. Namun, kamu harus menyelidiki penyebab milia di wajah kamu.

Penyebab bintik putih pada wajah

Menurut berbagai sumber, munculnya milia bisa terjadi karena berbagai alasan. Milia berkembang secara alami sebagai akibat dari penumpukan atau serpihan kulit mati yang tidak terkelupas tetapi menumpuk dan mengeras di bawah kulit baru. Ini terbentuk selama pengerasan.

Ini bisa jadi karena cedera, ruam, atau paparan sinar matahari yang berlebihan, selain pengerasan sel kulit mati.

Meski tidak berbahaya, kemunculannya sering menjadi keluhan karena mengganggu penampilan seseorang. Selain itu, kemunculannya membuat pengaplikasian riasan pada wajah menjadi kurang ideal.

Kamu dapat menghilangkan milia dengan menggunakan beberapa tips yang tercantum di bawah ini:

Menjaga kebersihan

Kondisi wajah yang kotor memperparah munculnya komedo, jerawat, dan bintik-bintik putih yang mengganggu. Untuk mencegah dan menghilangkannya, kamu harus rajin mencuci muka. kamu bisa menggunakan sabun cuci muka setelah beraktivitas di luar ruangan.

Rutin menggunakan uap air hangat

Tips mengurangi bintik-bintik putih berikut ini adalah dengan menggunakan uap hangat untuk membuka pori-pori kulit wajah. Kotoran yang terperangkap di kulit akan mudah terangkat dengan cara ini.

Menggunakan asam salisilat

Gunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat pengelupasan kulit mati dan mengikis lapisan milia secara bertahap. Aplikasi asam silikat biasanya dilakukan pada malam hari.

Rutin eksfoliasi

Pengangkatan kulit mati dari wajah kita kenal sebagai eksfoliasi wajah. Ini dapat kamu lakukan dengan menggosok lembut area yang terkena milia dengan scrub kulit. Sebaiknya kamu memilih scrub yang sesuai, baik produk pabrikan atau bahan-bahan alami.

Lakukan eksfoliasi secara teratur, setidaknya 2-3 kali per minggu, untuk menghilangkan milia. Pengelupasan dapat kamu lakukan di rumah dengan asam salisilat, asam sitrat, atau produk kecantikan yang mengandung asam glikolat. Eksfoliasi secara teratur tidak hanya dapat menghilangkan milia tetapi juga mencegahnya kembali.

Peeling wajah

Pengelupasan wajah juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Disarankan juga agar kamu melakukannya secara rutin untuk memaksimalkan hasil.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya

Tips Persiapan Dunia Perkuliahan bagi Gen Z

18 Juli 2024 - 21:27 WIB

Faktor Yang Mempengaruhi

Tips Tingkatkan Skor IELTS Agar Lolos Beasiswa

17 Juli 2024 - 20:30 WIB

Tips Merawat Ikan Patin Hingga Panen, Tertarik Mencoba?

5 Juli 2024 - 20:31 WIB

Tips Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta ala Dosen Tel-U

5 Juli 2024 - 20:11 WIB

Jurusan manajemen jadi pebisnis

Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan saat Musim Dingin

3 Juli 2024 - 20:28 WIB

Tips Merawat Tanaman

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit
Trending di Tips dan Trik