Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Apr 2022 12:01 WIB ·

Tips Menunda Lapar dan Haus Berlebih Saat Puasa


Img by gramedia Perbesar

Img by gramedia

Saat menjalankan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar dan haus selama 14 jam pastilah bukan hal yang mudah. ditambah dengan aktifitas yang melelahkan serta cuaca yang panas terik membuat puasa semakin terasa sulit untuk dijalani, apalagi jika kamu sampai melewatkan waktu untuk sahur sebelumnya. 

Ketika sedang berpuasa tentunya tidak ada asupan cairan dan makanan yang masuk ketubuh selama berjam-jam yang membuat kita merasa lemas dan lesu, sehingga hal ini dapat berdampak pada kinerja kita dalam beraktifitas sehari-hari. Tentunya hal itu bukanlah hal baik dan saya yakin kamu semua juga tidak ingin mengalaminya. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya ada beberapa Tips yang sudah saya rangkum untuk Menunda Lapar dan Haus Berlebih Saat Puasa. Berkut artikel Tips Menunda Lapar dan Haus Berlebih Saat Puasa.

  1. Rajin Minum Air

Asupan cairan sangat diperlukan oleh tubuh kita terutama saat sahur. Bahkan menurut seorang ahli diet Klinis dan Konsultan Nutrisi di Right Bite Riham Shamseddine mengungkapkan bahwasanya rajin minum air dapat membantu menghilangkan rasa haus yang berlebih saat sedang puasa. 

Pada umumnya, seseorang dianjurkan untuk  minum air setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 liter air perharinya. namun hal ini tidaklah bersifat mutlak, Karena faktanya menurut Kemenkes yang dikutip dari halodoc.com, kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari setiap orang bervariasi. Pada umumnya orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi air sekitar delapan gelas yang berukuran 230 ml per harinya atau jumlah tersebut setara dengan 2 liter air. 

Jumlah kebutuhan cairan yang bervariasi oleh setiap orang, dipengaruhi oleh beberapa kondisi, diantaranya tingkat aktivitas fisik, cuaca dan kondisi tubuh saat ini, serta masih banyak lagi. Tapi perlu diberi catatan, bahwasanya tidak dianjurkan mengkonsumsi 8 gelas air atau semua kebutuhan cairan yang tubuh kalian butuhkan dalam satu waktu, hal itu malah akan menyebabkan tubuh kamu kesulitan untuk menyerap air. Untuk itu kamu bisa menerapkan aturan minum air 2 – 4 – 2 selama menjalankan ibadah puasa. Dimulai dengan 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas saat sahur.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain rajin minum air, kamu juga danjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat puasa. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, kamu dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan cairan.

Kandungan buah dan sayur yang kaya akan akan air dapat menambah cairan tubuh kamu saat berpuasa. selain itu, dalam buah dan sayur juga terdapat serat yang bersifat mengenyangkan sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Bukan hanya itu, sayur dan buah juga tinggi vitamin dan mineral sehingga jika kamu mengkonsumsinya, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

  1. Jangan Lupakan Protein

Selain cairan dan serat, jangan sampai kamu melupakan protein ya, karena protein dapat djadikan sebagai cadangan energi bagi tubuh. makanan dengan protein tinggi sangat cocok dijadikan pilihan utama saat membuat menu sahur, karena makanan ini dapat memberikan energi secara konstan bagi tubuh kamu. Contoh Makanan yang mengandung protein tinggi ialah daging sapi, daging ayam, telur dan susu.

  1. Hindari Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti Kopi dan Teh dapat mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. namun bukan berarti mengkonsumsi kopi dan teh dapat membuat dehidrasi, melainkan minuman yang mengandung kafein dapat memberikan efek diuretik, efek ini yang menyebabkan kamu lebih sering untuk buang air kecil, dan hal ini akan membuat kamu cepat haus karena stok cairan dalam tubuh yang banyak yang terkuras.

  1. Kurangi Makanan Dan Minuman Manis Serta Asin

Tahukah kamu, faktanya gula dan garam yang digunakan untuk bumbu masakan dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi bersifat menarik cairan, Hal ini yang membuat kamu mudah untuk buang air kecil. hal ini juga akan membuat kebutuhan air dalam tubuh meningkat, karena itu kamu akan lebih cepat haus karena sudah banyak cairan yang terbuang. Oleh karena itu, tetap perhatikan jumlah gula serta garam dalam makanan yang akan kamu makan saat sahur nanti.

  1. Mandi Air Dingin

Dengan mandi terutama dengan menggunakan air dingin, dapat menjaga tubuh agar tetap segar loh. namun sebenarnya, bukan hanya mandi yang dapat membuat tubuh kembali segar saat berpuasa, ketika melakukan wudhu pun bisa membuat tubuh kamu merasa segar kembali. ketika tubuh basah akan membuat rasa haus yang berlebih yang kamu rasa berkurang.

  1. Lakukan Kegiatan Produktif

Cobalah untuk tetap melakukan kegiatan produktif, namun ingat untuk tidak terlalu agresif. cobalah untuk menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal produktif seperti belajar, bermain, olahraga, atau masih banyak lagi. Namun tetap ingat untuk tidak terlalu agresif dalam melakukannya, karena jika kamu terlalu agresif dalam beraktivitas, ditambah terpaaan paparan sinar matahari serta perubahan suhu tubuh yang dastis, dapat membuat cairan dalam tubuh kamu cepat menguap. hal ini bisa membuat kamu merasakan rasa haus berlebih karena kekurangan cairan.

Itulah tadi rangkuman mengenai Tips Menunda Lapar dan Haus Berlebih Saat Puasa. Semoga rangkuman saya tulis tadi bermanfaat bagi kamu semua yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sekian terimakasih.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Fadhil Andriansyah

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Tips Menggunakan Whatsapp Web di Handphone Android

23 April 2024 - 21:42 WIB

Tips Menggunakan Whatsapp Web

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas
Trending di Tips dan Trik