Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Apr 2022 21:21 WIB ·

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Untuk Si Pemalu?


Img: Pexels/mentatdgt Perbesar

Img: Pexels/mentatdgt

Hampir semua orang memiliki rasa malu. Menjadi pemalu bukan masalah besar. Namun jadi pemalu sangat melelahkan karena menyulitkan seseorang dalam berkomunikasi serta bersosialisasi seperti yang mereka inginkan. Banyak metode bermunculan untuk membantu seseorang meningkatkan kepercayaan diri untuk pemalu karena ini termasuk kondisi yang kompleks.

Perlu proses untuk mengurangi sifat pemalu berlebihan. Kunci utamanya, seseorang harus mengenali penyebab dan bertekad kuat keluar dari zona nyaman. Melansir dari kidshealth.org, berikut beberapa trik jitu meningkatkan kepercayaan diri untuk si pemalu:

  1. Mulai dari hal kecil dengan orang yang kamu kenal

Biasakan untuk melakukan kontak mata, bahasa tubuh yang tenang, mengobrol santai, sesekali bertanya, hingga undanglah orang-orang yang membuatmu nyaman. Jangan lupa senyum, bangun kepercayaan diri dengan cara ini. Lakukanlah hal ini kepada orang-orang baru.

  1. Buat pertanyaan pembuka

Ketika kamu kebingungan dalam memulai percakapan, kamu bisa membuat daftar pertanyaan sebagai pembuka percakapan, seperti memperkenalkan diri (Hai, saya Budi, kita satu kelas ya?), memberi pujian (Sweater itu keren banget kamu pakai), atau memberi pertanyaan (Kamu tahu tidak tentang seminar minggu depan?). Kamu akan lebih siap dengan pertanyaan yang kamu siapkan sebelumnya.

  1. Latihan berbicara

Ketika kamu siap mencoba sesuatu, kamu harus menghindari rasa malu seperti dalam panggilan telepon atau percakapan secara langsung. Tetapkan dan tuliskan apa yang ingin kamu katakan sebelumnya. Berlatihlah sungguh-sungguh di depan cermin. Walau tidak langsung sempurna, tapi setidaknya kamu akan lebih baik sedikit demi sedikit.

  1. Beri kesempatan untuk dirimu sendiri

Bergabung dalam kelompok yang memungkinkan kamu dapat bertemu orang-orang yang sefrekuensi. Bangun kesempatan untuk berlatih bersosialisasi dengan orang-orang asing, dan mulai berkenalan melalui topik minat yang sama dengan orang tersebut. Jangan takut dengan kegagalan, karena perasaan ini akan menghalangi kamu untuk mencoba. Dorong diri kamu untuk terbuka dengan kritik dan kegagalan.

  1. Tumbuhkan ketegasan kamu.

Orang pemalu cenderung takut mengganggu orang lain. Mereka juga tidak asertif. Mulai bersikap tegas dengan meminta apa yang kamu butuhkan atau memberi tahu orang lain ketika seseorang mengganggu kamu.

Rasa malu ini bukan termasuk masalah kesehatan mental. Namun, dapat memberi tingkatan emosional yang tidak diinginkan. Jika kamu masih kesulitan untuk rileks dalam bersosialisasi, disarankan untuk menghubungi terapis professional untuk mendapat bimbingan tentang emosional dan kecemasan sosial yang kamu rasakan. Hal yang perlu diingat, kamu harus menjadi dirimu sendiri. Melakukan sesuatu dengan gayamu, ini akan membuat kamu lebih diperhatikan.

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik