Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 24 Apr 2022 23:24 WIB ·

Volunteer: Kegiatan Yang Bisa Percantik CV-mu!


Volunteer. (Img: Google) Perbesar

Volunteer. (Img: Google)

Volunteer atau lebih dikenal sebagai sukarelawan ialah kegiatan yang dilakukan seseorang secara sukarela tanpa mendapatkan fee atau bayaran atas jasanya yang berupa pikiran, tenaga, dan waktunya. Kegiatan ini mungkin terdengar membosankan untuk sebagian besar orang, tetapi kegiatan ini memiliki power yang cukup besar untuk mempercantik CV atau resume-mu, lho. Nah, berikut adalah seba-serbi volunteer, kegiatan yang bisa percantik CV-mu!

 

Siapa yang Bisa Menjadi Volunteer?

Pada dasarnya, semua bisa menjadi sukarelawan. Hanya saja tergantung pada kemauan diri sendiri apakah menginginkan kegiatan yang bersifat sukarelawan atau tidak.

 

Apa Kegiatan Sukarelawan Selalu Terjun ke Lapangan (Offline)?

Jawabannya adalah tidak! Pelaksanaan kegiatan ini bisa secara daring atau online dan luring atau offline. Kegiatan sukarelawan yang biasa menjadi sorotan memanglah kegiatan yang mengharuskan pesertanya untuk terjun langsung ke lapangan selayaknya kegiatan bakti sosial. Entah di lokasi bencana alam atau daerah pedalaman yang memang membutuhkan rangkulan para sukarelawan.

Akan tetapi, di era serba digital seperti saat ini, pelaksanaan kegiatan sukarelawan juga bisa secara daring. Hal itu didukung dengan kegiatan sekolah dan kuliah yang dilakukan secara daring karena adanya pandemi Covid-19. Kegiatan-kegiatan volunteer yang pelaksaannya secara online ini bisa berupa volunteer sebagai peserta kampanye atau dalam posisi-posisi tertentu di beberapa organisasi non-profit.

 

Apa Manfaat Mengikuti Kegiatan Sukarelawan?

Selayaknya kegiatan-kegiatan lain, seperti organisasi atau komunitas di luar sana, sukarelawan pun memiliki manfaat-manfaat yang rugi kalau ke-skip!

  1. Mengasah softskill, seperti leadership, komunikasi, problem solving, dan lain sebagainya
  2. Memperluas relasi
  3. Meningkatkan jiwa sosial
  4. Sebagai wadah pengembangan diri
  5. Membantu untuk menemukan nilai dalam kehidupan
  6. Meningkatkan rasa syukur, dan lain sebagainya.

 

Apa Pengalaman Volunteer Bisa Masuk ke dalam CV?

Jawabannya adalah bisa banget! Kegiatan-kegiatan volunteer bisa menjadi nilai plus dalam CV kamu. Baik kegiatan volunteer yang mengharuskan kamu terjun langsung ke lapangan atau kegiatan yang pelaksanaannya secara online, keduanya sama-sama bisa masuk dan mempercantik CV kamu. Bahkan, kegiatan volunteer yang dilaksanakan oleh organisasi non-profit yang biasanya akan membagi peserta volunteernya ke dalam beberapa divisi bisa terhitung sebagai experience yang sangat berarti.

 

Nah, itulah penjelasan terkait volunteer, kegiatan yang bisa percantik CV-mu.  Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi