Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 1 Jul 2022 15:00 WIB ·

Warna Tertua di Dunia, Sudah Berumur Milyaran Tahun?


Img: pexels.com - Moose Photos Perbesar

Img: pexels.com - Moose Photos

Sebagai manusia, kita memiliki kemampuan untuk melihat warna-warna yang ada di dunia ini. Dari begitu banyak warna yang bisa manusia tangkap melalui indra penglihatannya, ternyata ada satu warna yang memiliki usia yang sangat panjang, lo! Namun, sebelumnya pernahkah kamu berpikir dari semua deretan warna yang bisa manusia tangkap, manakah warna yang terlebih dahulu muncul? Atau manakah warna yang memiliki umur yang lebih banyak daripada warna-warna yang lain? Selain itu, apa benar imbuhan kata ‘muda’ dan ‘tua’ di warna-warna itu benar-benar menyiratkan usia dari warna tersebut? Nah, daripada terus bertanya-tanya seorang diri, yuk, temukan jawaban mengenai warna tertua di dunia di bawah ini!

 

Berawal dari Sebuah Penelitian Pada Bebatuan Gurun Sahara

Berdasarkan catatan sejarah, pigmen-pigmen warna sudah peneliti temukan pada lukisan-lukisan yang terdapat di permukaan dinding gua zaman batu. Namun, asal mula warna itu sendiri masih belum menemui titik temu yang jelas. Pada tahun 2018, ilmuwan Australian National University berhasil menemukan warna tertua dari jutaan warna yang ada. Hal itu berawal dari sebuah penelitian yang dilakukan pada sebuah bebatuan yang berada di cekungan Taoudenni di Gurun Sahara, Mauritania, Afrika Barat.

 

Pigmen Warga yang Ditemukan

Dari penelitian pada bebatuan itu, Dr. Nur Gueneli selaku ilmuwan dalam penelitian itu berhasil menemukan pigmen warna merah muda cerah. Pigmen warna itu peneliti temukan setelah menghancurkan bebatuan yang berusia 1,1 miliar tahun. Bebatuan tersebut mengantarkan para peneliti pada hasil penelitian yang menyataka bahwa pigmen warna merah muda cerah yang ada dalam bebatuan itu jauh lebih tua setengah miliar tahun dari penemuan sebelumnya. 

Peneliti menggunakan metode penelitian dengan menghancurkan batu tersebut hingga menjadi bubuk sebelum mengekstrak serta menganalisis molekul organisme kuno yang ada di dalamnya. Dari usaha penelitian itu, peneliti mendapatkan hasil bahwa pigmen warna merah muda itu merupakan fosil molekuler klorofil yang organisme fotosintetik kuno hasilkan. Peneliti pun mengambil kesimpulan bahwa usia pigmen warna merah muda cerah ini sudah mencapai angka 2 miliar tahun.

Nah, itulah warna tertua di dunia. Siapa sangka warna yang bernama merah muda justru berusia jauh lebih tua daripada warna-warna yang lain. Dari pemaparan di atas, kita dapat mengetahui bahwa yang bernama ‘muda’ belum tentu benar-benar berusia muda. begitu pun sebaliknya, ya! Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 142 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts