Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 7 Jul 2022 14:00 WIB ·

3 Istilah dalam Skripsi, Mahasiswa Pasti Tahu!


Img: unsplash.com - Element5 Digital Perbesar

Img: unsplash.com - Element5 Digital

Sebagai seorang mahasiswa, kita pasti tahu bahwa skripsi adalah sebuah syarat kelulusan untuk seorang mahasiswa yang mengambil program S1. Sebelum menyandang gelar sarjana, seorang mahasiswa harus bisa melewati tahapan skripsi ini. Pengerjaan skripsi ini wajib untuk mahasiswa yang berada di semester akhir dan tidak lagi memiliki mata kuliah lagi untuk perkuliahan mereka. Nah, karena skripsi ini adalah syarat untuk kelululusan, itu berarti pengerjaan skripsi ini sifatnya wajib. Seperti yang kita ketahui bersama, istilah skripsi merujuk pada karya tulis ilmiah yang wajib mahasiswa tingkat akhir susun untuk mendapat gelar sarjananya. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa istilah yang ada dalam skripsi? Simak, 3 istilah dalam skripsi yang wajib mahasiswa ketahui berikut!

 

1. Sempro (Seminar proposal)

Istilah ini mengacu pada tahapan awal yang harus mahasiswa lewati dalam proses skripsi. Seminar proposal adalah tahapan untuk mahasiswa mengajukan rencana penelitiannya berupa proposal penelitian yang berisi BAB I pada karya tulis ilmiah pada umumnya. Jadi, proposal penelitian tersebut, meliputi judul proposal, pendahuluan yang berisi latar belakang, permasalahan, tujuan, dan manfaat penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan lain seterusnya. 

Nah, setelah menyusun proposal sebagai rencana penelitian, selanjutnya mahasiswa akan mempresentasikannya di depan dosen pembimbing, dosen penguji, serta beberapa mahasiswa lain untuk mendapat evaluasi. Pada tahapan inilah, rencana penelitian yang mahasiswa ajukan akan mendapat persetujuan untuk lanjut sampai tahapan sidang skripsi atau tidak.

 

2. Semhas (Seminar hasil)

Seminar hasil adalah istilah yang merujuk pada tahapan lanjutan dari sempro. Setelah menyusun BAB I di tahapan sempro, mahasiswa bisa melanjutkan dengan menyusun hasil penelitian atau BAB II. Setelah menyusun hasil penelitiannya, mahasiswa akan kembali mempresentasikannya lagi untuk mendapat masukan terkait hasil penelitian yang telah ia susun.

 

3. Kompre (Ujian Komprehensif)

Ujian komprehensif merupakan ujian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan materi-materi dari perkuliahan yang telah ia ambil. Namun, tidak semua perguruan tinggi menerapkan Kompre ini.

Nah, itulah 3 istilah dalam skripsi yang wajib mahasiswa ketahui. Sebagai mahasiswa, dari ketiga istilah tersebut, mana nih yang belum kamu pahami? Walau terdengar sulit, tetapi skripsi inilah yang akan membawa mahasiswa ke kursi wisuda dan gelar sarjananya. Jadi, mau tidak mau memang harus terlewati. Tetap semangat! Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 219 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi