Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Apr 2023 22:26 WIB ·

3 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik


Img: pexels-tima-miroshnichenko Perbesar

Img: pexels-tima-miroshnichenko

3 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik –Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting sebagai penentu kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, berbagai metode pendidikan disusun sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan pendidikan dan beranggapan bahwa pendidikan bukanlah penentu pendidikan. Faktanya, pendidikan dan sistem pendidikan yang tepat akan membentuk SDM yang handal dan profesional, baik secara akademik dan non akademik. Sistem pendidikan yang baik pemerintah harap dapat mengurangi tingkat kriminalitas di wilayah tersebut. Oleh karena itu, negara kita perlu berbenah dan berkaca pada negara tetangga yang sudah maju dalam sistem pendidikan mereka. Walaupun masih sulit menerapkan sistem pendidikan baru pada kondisi masyarakat di wilayah tertentu.

3 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia

Finlandia

Negara pertama dengan sistem pendidikan terbaik adalah Finlandia. Negara ini akan langsung terngiang di telinga kita saat mendengar kata pendidikan. Sebab negara ini berhasil masuk tiga besar negara dengan kasus korupsi terendah di dunia. Finlandia juga menjadi negara paling bahagia di dunia karena tingkat kejahatan yang rendah dan tingginya tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Negara ini memberikan pendidikan gratis untuk warganya, memiliki kurikulum khusus untuk anak usia dini, ujian lebih berfokus pada skill, jarang ada pekerjaan rumah (PR), dan pengajar bebas menentukan gaya belajar tanpa terkekang oleh kurikulum.

Jerman

Negara berikutnya adalah Jerman. Sebuah negara yang paling banyak diincar para pelajar Indonesia untuk mencari ilmu. Pada dasarnya, Indonesia dengan Jerman sudah memiliki hubungan diplomatik yang baik sejak tahun 1952. Pendidikan di Jerman membebaskan biaya untuk tingkat sekolah dasar, yang hanya terdiri dari 4 tahun saja. Kemudian ada tingkatan sekolah menengah yaitu Hauptschule, Realschule, Gesamtschule, dan Gymnasium. Disana lebih mengedepankan praktek daripada teori. Para siswa hanya akan sekolah selama 3 hari saja, lho!

Kanada

Negara ketiga adalah Kanada. Walaupun masih jarang ada pelajar Indonesia yang menimba ilmu ke sana, namun sistem pendidikan di Kanada termasuk yang sangat baik, lho! Pemerintah menerapkan kebijakan pendidikan yang berbeda di setiap daerahnya. Hal ini agar pendidikan menyesuaikan keadaan daerah-daerah yang ada disana. Mereka memiliki dewan pendidikan di setiap provinsi yang akan mengawasi pelaksanaan pendidikan di sana. Hasilnya sebanyak 90% warga Kanada memiliki riwayat pendidikan yang baik.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi