Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sosial · 9 Okt 2022 15:00 WIB ·

3 Respon yang Wajib Dihindari saat Teman Sedang Curhat, Wajib Tahu!


img: pexels.com/Timur Weber Perbesar

img: pexels.com/Timur Weber

Ketika masalah sedang menerpa, curhat kepada  orang yang dipercaya memang menjadi salah satu cara untuk meringankan beban. Respon yang tepat dari teman curhat, tentu akan memberikan manfaat yang baik. Begitupun sebaliknya, ketika orang lain mencurahkan isi hatinya, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Untuk itu, yuk simak 3 respon yang wajib dihindari saat teman sedang curhat berikut ini!

1. Tidak memperhatikan dengan baik

Etika yang baik saat orang lain sedang berbicara adalah mendengarkan dengan seksama. Berlaku pula saat temanmu sedang curhat, kamu harus memberikan perhatian secara penuh untuknya.

Jangan sampai kamu sibuk bermain handphone atau sambil melakukan pekerjaan lain. Hal tersebut bisa menjadikan temanmu merasa tidak kamu hargai. Pastinya kamu tidak ingin menyakiti perasaan temanmu, kan?

2. Memotong pembicaraan

Kamu harus mendengarkan terlebih dahulu pembicaraan orang lain sampai selesai. Setelah ia selesai berbicara dan meminta saranmu, baru kamu boleh berbicara.

Memotong pembicaraan orang lain adalah salah satu sikap buruk, baik saat orang lain sedang curhat maupun dalam kondisi lainnya. Hal ini juga dapat menjadikan temanmu merasa tidak kamu hargai. Oleh karena itu, pastikan kamu menghindarinya agar tidak menyakiti hati orang lain, ya!

3. Memberikan nasihat yang bersifat toxic positivity

Toxic Positivity adalah tuntutan untuk selalu berpikir dan bersikap positif serta menolak emosi negatif. Melihat segala sesuatu dengan positif memang hal yang baik, tapi menghindari emosi negatif justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental, lho!

Mungkin maksudmu melontarkan kalimat positif adalah untuk menguatkan temanmu atau sebagai rasa simpati terhadap masalah yang sedang menimpanya. Namun, bukan berarti boleh terlalu positif hingga mengabaikan emosi negatif.

Nah, itu dia 3 respon yang wajib dihindari saat teman sedang curhat. Patikan kamu memperhatikannya agar temanmu merasa nyaman dan tidak merasa kamu sepelekan, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Pada Remaja

30 Januari 2024 - 21:42 WIB

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan

Generasi Z: Kenali 5 Kakarteristik Yang Perlu Dipahami

6 Januari 2024 - 20:42 WIB

Generasi Z

Generasi Strawberry: Pengertian, Penyebab, dan Ciri-Cirinya

6 Januari 2024 - 20:41 WIB

Hari Introvert Sedunia 2 Januari, Pahami Tipe-Tipenya!

2 Januari 2024 - 21:15 WIB

Hari Introvert Sedunia

Kalender 2024, Berikut Daftar 27 Tanggal Merah dan Cuti Bersama

29 Desember 2023 - 22:25 WIB

Kalender 2024

Manfaat dan Alasan Mengapa Harus Tinggal di Kos-kosan

25 Desember 2023 - 22:22 WIB

Manfaat dan alasan Kos Kosan
Trending di Sosial